Selenggarakan Satu data, OPD Pemprov Susun Rencana Aksi

Kepala Dinas Kominfotik (tengah) bersama Kadis Kesehatan, Kepala Biro Pengadaan dan Kadis Perhubungan mengikuti pendampingan penyusunan rencana aksi sesi luring yang diselenggarakan di Pusdiklat Kemenkominfo RI, Jakarta, Senin (19/6/2023). (Foto: Ryan)

JAKARTA, Kominfotik – Dalam rangka melaksanakan satu data terhimpun secara terintegrasi dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, OPD dilingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo mengikuti pendampingan penyusunan rencana aksi sesi luring yang diselenggarakan di Pusdiklat Kemenkominfo RI, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan pendidikan dan pelatihan program Digital Leadership Academy 2023 dengan tema Smart Digital Leader Province Gorontalo Beradat, yang di mulai pada tanggal 22 Mei lalu.

“Bimtek Digital Leadership Academy Bersifat Tematik pada Satu Data Indonesia, Jadi kita mengangkat Topik Optimalisasi Tata Kelola Data Untuk Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim.” ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, Rifli Katili.

Rifli menambahkan pendampingan dianggap efektif jika dilakukan secara bertatap muka antara peserta dan tim pendamping. Hal ini penting untuk mengintensifikasi dan mengkonkretkan mengenai rencana aksi yang akan disusun dalam hal sistematika penyusunan, substansi dan pendalaman masalah, tahapan kegiatan, solusi pemecahan dan aspek lainnya terkait rencana Aksi.

“Karena kalau virtual kita kadang diperhadapkan dengan berbagai macam kegiatan, akhirnya tidak maksimal. Jadi kita fokus ke kegiatan tatap muka untuk mendapatkan hasil yang optimal disamping ada beberapa materi tambahan yang akan disampaikan dari pihak Kementrian Kominfo RI, Lembaga Adminstrasi Negara RI, Bappenas RI dan Lembaga Lainnya” tambahnya.

Kegiatan pendampingan penyusunan rencana aksi ini akan dilaksanakan selama tiga hari. Kegiatan dibuka dengan pengarahan oleh Kepala Litbang SDM Kemenkominfo RI, Hary Budiarto, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan secara substansi dan metodologi.

Selain Rifli Katili, OPD lainnya yang hadir langsung dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, dan Kepala Biro Pengadaan Provinsi Gorontalo. Pimpinan OPD Pemprov lainnya seperti Kepala BPSDM, Kepala Disdukcapil-PMD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Dinas PUPR-PKP juga turut hadir secara virtual. Selain itu hadir pula oleh beberapa pimpinan OPD Pemda Kabupaten/Kota.

 

Pewarta: Ryan

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI