Gubernur Gorontalo Panen Raya Padi di Bone Bolango

Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie (ketiga kiri) didampingi Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah (kedua kanan), melakukan panen raya padi di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (20/10). (Foto : Salman – Humas)

KABUPATEN BONE BOLANGO, Humas – Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah, melakukan panen raya padi sawah di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (20/10/2018).

Kehadiran Gubernur bersama Ibu Ketua TP PKK dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo menambah kebahagiaan para petani yang menikmati hasil berlimpah pada musim panen kali ini. Ketua Kelompok Tani Desa Bube Baru, Hartono Djain mengatakan, pada musim panen kali ini hasil yang diperoleh para petani rata-rata mencapai 11,36 ton perhektar untuk gabah kering panen atau 6,6 ton perhektar untuk gabah kering giling.

“Hasil yang kami nikmati ini tak lepas dari perhatian Bapak Gubernur yang telah memberikan bantuan kepada kami,” kata Hartono.

Sementara itu untuk terus membantu petani dalam meningkatkan produksi dan produktivitas padi, Gubernur Rusli Habibie berjanji akan memberikan bibit padi gratis kepada semua petani di Provinsi Gorontalo. Terkait hal itu, Gubernur dua periode ini menginstruksikan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo untuk menggunakan penangkar bibit padi lokal.

“Tahun depan bibit padi akan kita gratiskan kepada seluruh petani di Provinsi Gorontalo. Untuk lahan sawah di Suwawa, penangkarnya tidak boleh dari luar,” tegas Gubernur.

Rusli mengutarakan, langkah ini diambil untuk menjamin kualitas bibit yang akan diserahkan kepada para petani. Untuk itu Gubernur menawarkan kepada kelompok tani yang memiliki keahlian untuk membuat bibit padi dengan berbagai varietas. Bibit tersebut nantinya akan dibeli oleh Pemprov Gorontalo dengan harga Rp10.000,00 perkilogram dan selanjutnya akan dibagikan gratis kepada petani.

“Takutnya jika bibit itu dari luar, kualitas dan daya tumbuhnya tidak baik, sehingga hasil panennya kurang dan petani akan merugi. Kita tidak menginginkan itu terjadi,” imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut Gubernur Rusli Habibie juga menyerahkan bantuan dengan total Rp3,4 miliar. Bantuan terdiri dari bantuan bibit jagung sebanyak 51.348 kilogram dengan nilai Rp2,2 miliar, bibit padi 18.750 kilogram senilai Rp180 juta, bantuan pupuk organik untuk lima kelompok tani masing-masing Rp200 juta, serta penyaluran zakat mal dari Baznas Provinsi Gorontalo kepada 500 warga kurang mampu masing-masing memperoleh santunan sebesar Rp100.000,00.

Selain itu Pemprov Gorontalo juga menggelar pelayanan kesehatan gratis dan pasar murah. Untuk bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah, harganya telah disubsidi oleh Pemprov Gorontalo.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI