Pimpinan OPD Harus Punya Kemampuan Manajemen Kepemimpinan

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada pembukaan Governor Coaching di ruang Karawo Bappeda Provinsi Gorontalo, Rabu (21/3)

GORONTALO – Keberhasilan sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mewujudkan visi misi Pemerintah Provinsi Gorontalo, sangat ditentukan oleh kemampuan manajemen yang dimiliki oleh pimpinan OPD. Hal ini diutarakan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat membuka governor coaching di ruang Karawo kantor Bappeda Provinsi Gorontalo, Rabu (21/3).

“Setiap pimpinan organisasi harus memiliki kemampuan manajemen kepemimpinan,” ujar Idris.

Idris menuturkan, dengan kemampuannya itu seorang pimpinan OPD dapat membentuk budaya organisasi yang lebih terarah pada tercapainya tujuan organisasi. Ditambahkannya pula, pimpinan OPD adalah aparatur yang merupakan bagian dari sumber daya pengelolaan pemerintahan yang memiliki fungsi sentral dalam menentukan pembangunan daerah, bangsa dan negara.

“Kita semua adalah pimpinan, dan pimpinan adalah cerminan bagi bawahan. Kita harus bisa memimpin, melayani serta mendorong tercipatanya pembangunan daerah yang kreatif, inovatif, kompetetif dan profesional,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim menegaskan, dirinya akan melakukan evaluasi kepada seluruh pimpinan OPD Pemprov Gorontalo yang mengikuti governor coaching.

“Saya akan lakukan evaluasi, setelah mengikuti kegiataan ini ada perubahan sikap dan perilaku, serta peningkatan kinerja yang lebih baik,” tegas Wagub.

Governor coaching akan berlangsung selama tiga hari, 21-23 Maret 2018, dan wajib diikuti oleh seluruh pimpinan OPD di linkungan Pemprov Gorontalo. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Tim ESQ Coaching dari Jakarta, yang dipimpin oleh Arif Rahman Saleh.

Pewarta : Mersin
Editor : Haris
Foto : Gusti

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI