KKMD Provinsi Gorontalo Gelar Rakor Kendalikan Kerusakan Pesisir Mangrove

Rapat koordinasi dalam rangka mengendalikan kerusakan pesisir dan ekosistem mangrove di daerah oleh Kelompok Kerja Mangrove Daerah Provinsi Gorontalo, di Yulia Hotel, Kota Gorontalo, Senin (28/10/2024).

Kota Gorontalo, Kominfotik – Kelompok Kerja Mangrove Daerah Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi dalam rangka mengendalikan kerusakan pesisir dan ekosistem mangrove di daerah. Rakor guna memperkuat sinergi, integrasi dan kolaborasi ini digelar di Yulia Hotel, Kota Gorontalo, Senin (28/10/2024).

Ketua KKMD Provinsi Gorontalo Hoerudin mengungkapkan rakor ini juga sebagai bentuk monitoring dan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan oleh anggota-anggota KKMD seperti dituangkan pada RA-KKMD yang dirancang awal tahun 2024. Diharapkan pula rakor ini melahirkan saran dan masukan dalam realisasi program kerja KKMD tahun 2024 diimplementasikan dengan memanfaatkan seluruh potensi sumberdaya anggaran, baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, maupun dari unsur swasta.

“Karena semuanya yang hadir adalah KKMD, tentu saya berpesan agar dalam melaksanakan kegiatan harus mengacu kepada rencana aksi, yakni rencana aksi KKMD 2024-2028. Dari rencana aksi itu, setiap lembaga, instansi atau LMSM yang termasuk ke KKMD harus bisa mengambil perannya masing-masing, sesuai dengan kapasitas dan kondisi di kegiatannya masing-masing,” ungkap Hoerudin.

Hoerudin juga mengatakan KKMD juga nanti akan melakukan pendataan secara berkala dan akan menjadi bahan laporan ke pemerintah provinsi. Kemudian menyampaikan laporan ke Kementerian LHK, Kemendagri, dan Kemkomanpes, sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Dari data kawasan mangrove ini, nanti secara berkala apa yang telah dilakukan oleh setiap stakeholder terkait dalam kelompok KKMD termasuk kepala KPH akan melakukan bimbingan dan evaluasi, serta juga rehabilitasi,” kata Hoerudin.

Pewarta : Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI