Pj Gubernur Lepas Ekspor Perikanan Unggulan Gorontalo ke Tiga Negara Tujuan

Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin didampingi Pj Bupati Gorontalo Utara Silla Botutihe dan Forkopimda lainnya saat meninjau produk perikanan yang akan di ekspor ke tiga negara tujuan, Senin, (28/10/2024). Produk perikanan ini akan dikirimkan melalui transportasi udara. (Foto – Mila Diskominfotik)

Kabupaten Gorontalo, Kominfotik- Penjabat (Pj) Gubernur Rudy Salahuddin melepas ekspor perikanan unggulan Provinsi Gorontalo ke tiga negara tujuan yakni Singapura, Jepang dan Thailand, Senin, (28/10/2024), bertempat di halaman parkir Kargo Bandara Djalaluddin Tantu, Kabupaten Gorontalo. Sebanyak 2.040 kilogram atau 2 ton produk perikanan yang di ekspor tersebut terdiri dari ikan kerapu, ikan tenggiri, kerang dara, serta ikan tuna.

Melalui sambutannya Rudy menyampaikan sejak bulan Agustus 2024 kegiatan ekspor melalui transportasi udara sudah berjalan. Olehnya melalui kesempatan ini, atas nama pemerintah provinsi pihaknya mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkontribusi mewujudkan kegiatan ekspor melalui transportasi udara seperti ini.

“Untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo, kita tidak hanya bisa mengandalkan melalui fiskal dari pemerintah saja. Akan tetapi bagaimana terus mendorong agar sektor swasta juga berperan aktif untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi seperti yang kita saksikan hari ini,” ujar Rudy.

Berdasarkan data yang diperoleh, selaku eksportir pada pengiriman kali ini adalah CV Adila Grup mengirimkan komoditi Kerang Dara sebanyak 20 Koli 600 Kg, tujuan Thailand. CV Gorontalo Fishery komoditi Ikan Tenggiri sebanyak 15 Koli 459 Kg, tujuan Singapura dan UD Fariz dengan komoditi Ikan Tenggiri dan Ikan Kerapu sebanyak 15 Koli 571 Kg yang juga tujuan ke Singapura. Terakhir ada CV Berkat Adidaya dengan komuditi Ikan Tuna sebanyak 300 Kg tujuan ke Kota Narita, Jepang.

“Kegiatan ekspor ini tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi kita di Gorontalo, membuka lapangan kerja baru, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah akan terus mendukung dan memfasilitasi para pelaku usaha, khususnya dalam memperluas akses ke pasar global,” jelasnya.

Untuk diketahui, keseluruhan produk ekspor perikanan unggulan ini akan diterbangkan ke tiga negara tujuan dengan menggunakan dua maskapai yang dipilih yaitu Garuda Indonesia dan Batik Air.

Turut hadir mendampingi pj gubernur ada Pj Bupati Gorontalo Utara Silla Botutihe, Danrem 133/NWB Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, Kepala Bank Indonesia perwakilan Gorontalo Dian Nugraha, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kominfotik, Kepala Dinas Komperdindag. Hadir pula jajaran UPBU Bandara Djalaluddin, Kepala Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan, GM Angkasa Pura Logistik cabang Gorontalo serta tamu undangan lainnya.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI