Wisata Hiu Paus Botubarani Kembali Terima Bantuan Rampon Plankton Attractor  

Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin dan Managing Direktur/CIO IFF Ramadhan Harahap usai menyerahkan secara simbolis bantuan CSR pembuatan program dua rumpon plankton attractor untuk  konservasi hiu paus yang ada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, (26/10/2024). Foto – Valen

Bone Bolango, Kominfotik – Dalam rangka terus menjaga keberlanjutan ekosistem, serta mendukung konservasi hiu paus yang ada di Desa Botubarani, Pemerintah Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan PT Indonesia Infrastruktur Finance (IIF) menyerahkan bantuan CSR pembuatan program dua rumpon plankton attractor. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Managing Direktur/CIO IFF Ramadhan Harahap bersama Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin didampingi Kepala Dinas Pariwisata Ariyanto Husain, Sabtu, (26/10/2024), bertempat di Wisata Hiu Paus, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Melalui sambutannya Pj Gubernur mengatakan, pembuatan dan pemasangan rumpon plankton ini tidak hanya akan berfungsi sebagai penunjang ekosistem, tetapi juga memberikan beberapa manfaat penting, seperti menambah feeding ground tidak hanya bagi hiu paus tetapi juga berbagai spesies ikan lainnya. Selain itu pula untuk menjaga kesinambungan atraksi wisata, agar wisatawan selalu dapat menikmati keindahan bawah laut Gorontalo.

“Olehnya, kami pemerintah mengapresiasi sekaligus berterimakasih, khususnya kepada PT Indonesia Infrastruktur Finance serta pemangku kepentingan lain dalam merealisasikan rumpon ini. Kerjasama lintas sektor sangat penting dalam memajukan destinasi wisata kita, sekaligus mempertahankan keseimbangan ekosistem,” kata Rudy.

Lebih lanjut Deputi IV Kemenko RI itu menyampaikan, dengan terus memperbaiki serta meningkatkan wisata Hiu Paus yang saat ini menjadi ikon Gorontalo, pemerintah menaruh target pergerakan wisatawan hingga 2,6 juta pengunjung di tahun 2024 ini. Hal ini juga diharapkan berkontribusi langsung pada peningkatan ekonomi daerah.

“Kepada masyarakat sekitar juga saya mengajak untuk sama-sama menjaga ekosistem ini dan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap wisatawan. Fasilitas ini diharapkan dapat memperbanyak jumlah plankton di perairan Botubarani, sehingga mendukung keberadaan hiu paus,” tandasnya.

Sebelumnya pada bulan Agustus yang lalu, dua buah rumpon juga telah diberikan oleh PT Astra Internasional guna mendukung kawanan hiu paus yang ada di desa Wisata Botubarani.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI