GHM 2024 Jadi Ajang Sport Tourism untuk Kenalkan Gorontalo

Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin saat membuka pelaksanaan race pack collection dalam rangka Gorontalo Half Marathon 2024, di gedung Belle li Mbui, Jumat (25/10/2024). Foto – Fikri Diskominfotik 

Kota Gorontalo, Kominfotik – Pejabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyebut gelaran Gorontalo Half Marathon (GHM} 2024 jadi ajang sport tourism untuk memperkenalkan Gorontalo. Antusias warga dari dalam dan luar daerah yang datang bisa memberikan keuntungan positif untuk mendongkrak pariwisata.

“Ya jadi sengaja kita membuat event ini kan untuk memperkenalkan Gorontalo kepada masyarakat luas di Indonesia. Kebetulan hiu paus di sini jadi ikon wisata. Hari ini sudah berbondong bondong pergi ke hiu paus dan sebagainya,” kata Rudy saat mengecek pelaksanaan race pack collection di gedung Belle li Mbui, Jumat (25/10/2024).

Lebih lanjut kata Rudy, konsep sport tourism lazim dilakukan oleh negara negara dan kota kota maju di dunia. Konsep yang memadukan pelaksanaan acara olahraga berbarengan dengan pariwisata.

“Sekarang ini kan sudah banyak orang melakukan tour ke luar negeri diselingi dengan event lari atau event apapun. Jadi kita ingin supaya nantinya selain ke sini untuk berwisata tapi juga ada event,” imbuhnya.

Ia berharap event GHM 2024 bisa dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Ia membayangkan event olahraga bisa dilakukan secara berseri tidak hanya oleh pemerintah provinsi tapi juga oleh pemerintah kabupaten dan kota.

GHM 2024 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Oktober 2024 pukul 05.00 WITA. Sebanyak 2.200 peserta siap unjuk gigi meraih medali hingga garis finish. GHM 2024 dibagi menjadi tiga race yakni 21K, 10K dan 5K.

Pewarta : Isam

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI