Setiap Daerah di Gorontalo Didorong Punya Produk Unggulan Pertanian

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Gorontalo yang dipimpin Pj Gubernur Rudy Salahuddin dengan Pemda Kabupaten Boalemo dipimpin Pj Bupati Sherman Moridu dengan jajaran OPD masing-masing, bertempat di Pendopo Kantor Bupati, Jumat, (4/10/2024). (Foto – Nova Diskominfotik)

Kabupaten Boalemo, Kominfotik – Penjabat (Pj) Gubernur Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon yang menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri. Ikon atau primadona yang dimaksud Rudy bukan hanya perihal pariwisata, melainkan berupa hasil olahan pertanian maupun perkebunan yang dihasilkan suatu daerah.

Harapan ini diutarakan pj gubernur, saat melakukan kunjungan kerja sekaligus melaksanakan Rakor bersama Pemda Kabupaten Boalemo, bertempat di Pendopo Kantor Bupati, Jumat, (4/10/2024).

“Terkait dengan pertumbuhan ekonomi, kalau saya melihat, kita harus punya ikon. Misalnya di Boalemo, hasil buminya kan Pertanian. Nah pertanian apa yang akan kita dorong di sini? Jagung? Kalau jagung harus ada perbedaannya dari jagung yang ada di Pohuwato, misalnya. Atau kita cari dari Perkebunan,” ujar Rudy dihadapan Pj Bupati Boalemo dan jajaran.

Pihaknya mencontohkan di Boalemo ada perkebunan Kakao yang besar, ini diharapkan bisa terus dikelola dan bisa dijadikan primadona. Terlebih harga Kakao saat ini terus meningkat, masyarakat bisa punya industri rumahan yang luar biasa, bahkan bisa sampai diekspor.

“Ini yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini. Kalau misalkan ada ikon yang bisa kita dorong ke depan, contohnya seperti komoditas-komoditas tadi dan lainnya yang bisa coba kita dorong dan kolaborasikan. Maka silahkan kita coba carikan investornya untuk mencoba buat industri di sini,” harapnya.

Kawasan industri yang akan di bangun di Kabupaten Pohuwato dan Gorontalo Utara juga menjadi perhatian besar Rudy. Di usia 23 tahun ini disayangkan jika Gorontalo belum memiliki kawasan industri. Olehnya, termasuk Kabupaten Boalemo juga didorong untuk bisa eksis bertransformasi menarik investor.

Kabupaten Boalemo sendiri menjadi penutup dari rangkaian pelaksanaan Rakor yang dilakukan pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota. Tak lupa juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama terkait koordinasi dan kolaborasi antara Pemprov dengan Pemda Boalemo yang dilakukan Penjagub Rudy dan Pj Bupati Boalemo, Sherman Moridu. 

 

Pewarta: Echin

Editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI