Bawaslu Gorontalo Deklarasi Kampanye Damai Pilkada bersama Empat Paslon

Seluruh Paslon calon Gubernur/ Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo hadir mengikuti Deklarasi Kampanye Damai Pilkada serentak di Ballroom Sumber Ria Kota Gorontalo, Selasa, (24/9/2024). Foto – Nova Diskominfotik.

Kota Gorontalo, Kominfotik Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo mendeklarasikan kampanye damai bersama empat pasangan calon untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024. Deklarasi yang berlangsung di Ballroom Sumber Ria Kota Gorontalo, Selasa, (24/9/2024) itu, dihadiri Pj Gubernur Rudy Salahuddin, jajaran Forkopimda, serta unsur partai politik pengusung bakal calon gubernur/wakil gubernur.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli selaku panitia pelaksana dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari deklarasi ini sebagai upaya dari Bawaslu untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada saat kampanye nanti yang dilakukan oleh Paslon, Parpol ataupun yang dilakukan oleh Tim Sukses. Sejak ditetapkan dan pencabutan nomor urut yang dilakukan kemarin, maka Bawaslu Provinsi Gorontalo sudah melakukan pengawasan secara merata.

“Dimulainya deklarasi ini maka kampanye juga akan segera dimulai. Jadi Bawaslu harus memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada ini berjalan secara jujur, adil, dan merata. Sehingganya keadilan pelaksanaan kampanye akan benar-benar terawasi. Ada beberapa hal yang dilarang, salah satunya kami ingatkan kepada Paslon untuk tidak menghadirkan anak kecil saat kampanye nanti,” kata Idris.

Selanjutnya, pihaknya meminta kepada seluruh Paslon mulai saat ini, untuk dapat menertibkan alat peraga sosialisasi yang sudah terpampang atau sudah dipasang beberapa hari yang lalu. Hal itu untuk mencegah terjadinya kampanye diluar jadwal yang telah ditetapkan oleh Bawaslu dan KPU.

Paslon nomor urut 4 salah satu yang menandatangani deklarasi Kampanye Damai Pilkada serentak 2024 pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur di Provinsi Gorontalo. Foto – Nova Diskominfotik.

Adapaun isi dari naskah deklarasi yang dibacakan oleh anggota Bawaslu tersebut yaitu mewujudkan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas tanpa hoax, tanpa politisisasi SARA dan tanpa politik uang. Terakhir, melaksanakan kampanye Pilkada berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diketahui pemilihan gubernur/wakil gubernur di Provinsi Gorontalo diikuti oleh empat pasangan calon. Calon nomor urut 1 ada Tonny Uloli bersama Marten Taha. Calon nomor urut 2 Nelson Pomalingo didampingi Moh. Kris Wartabone. Nomor urut 3 ada nama Hamzah Isa bersama Abdurrahman Abubakar Bahmid. Terakhir atau paslon nomor urut 4 yaitu Gusnar Ismail dipasangkan dengan Idah Syahidah Rusli Habibie.

Pewarta ; Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI