Optimalkan Pembinaan Pokjanal Posyandu, Dinas Dukcapil-PMD Gelar Rakor  

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dukcapil-PMD) saat menggelar Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu, bertempat di Rumah Alam Dunggala, Jum’at (31/8/2024).

Kota Gorontalo, Kominfotik- Demi mengoptimalkan pembinaan Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) tingkat Provinsi Gorontalo, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dukcapil-PMD) menggelar Rapat Koordinasi, bertempat di Rumah Alam Dunggala, Jum’at (31/8/2024).

Plt. Kepala Dinas Dukcapil-PMD Zukri Suratinoyo menjelaskan, pembentukan Pokjanal Posyandu di tingkat provinsi bertujuan untuk mengoptimalkan tugas-tugas yang sudah seharusnya dilaksanakan di tingkatkan provinsi. Di antaranya seperti menyiapkan dan menyampaikan data-data yang berkaitan dengan Posyandu, menganalisa masalah dan pilihan intervensi program, serta melakukan pembinaan dan pembimbingan ke Pokjanal yang ada di kabupaten.

“Adanya Pokjanal Posyandu itu adalah untuk mengoptimalkan kerja-kerja yang sudah seharusnya dilaksanakan oleh kita-kita di tingkat provinsi. Seperti kita harus menyusun rencana tahunan dan memastikan adanya anggaran untuk kegiatan Posyandu, kemudian turun memfasilitasi penggerakan dan pengembangan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan Posyandu, dan melaporkan hasil-hasil pelaksanaan kegiatan tersebut ke gubernur,” jelasnya.

Zukri juga berharap dengan adanya Rakor ini, maka rencana induk Posyandu tahun 2024-2029, pedoman penyusunan rencana strategis, serta petunjuk teknis tata kelola kelembagaan dapat dirumuskan secara bersama-sama. Harapannya, setelah Rakor ini berakhir ada hal-hal baru dalam pelaksanaan Pokjanal Posyandu di daerah.

“Melalui kesempatan ini kami berharap dengan terbentuknya Pokjanal Posyandu di tingkat Provinsi dapat menjadi harapan baru dalam pelaksanaan program-program Pokjanal Posyandu di daerah kita. Semoga juga segala yang menjadi tujuan dapat kita capai bersama,” harap Zukri.

Pewarta : Sella

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI