Internalisasi Nilai BerAKHLAK di Gorontalo Diapresiasi Kemendagri

Suasana pembukaan workshop penguatan transformasi budaya kerja BerAKHLAK di Wilayah Provinsi Gorontalo yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Provinsi Gorontalo periode 2021-2024, di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Kamis (17/3/2022). (Foto: Nova)

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo yang dinilai aktif dalam menginternaslisasikan core values Aparatur Sipil Negera (ASN) berAKHLAK dan employer branding ASN Bangga Melayani Bangsa yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada Juli 2021.

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Adaptif, Kolaboratif sedangkan employer branding ASN Bangga Melayani Bangsa adalah wujud semangat dan komitmen memberikan pelayanan prima dan pengabdian dalam menjalankan tugas sehingga menimbulkan citra positif atas pelayanan yang diberikan di hati masyarakat.

Kepala Biro Organisasi Tatalaksana Sekretariat Jenderal Kemendagri, Suprayitno mengatakan Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadi daerah pertama yang langsung menindaklanjuti program yang telah diluncurkan oleh Presiden tersebut untuk mempercepat transformasi sumber daya manusia aparatur pemerintah dengan menggunakan logo “BerAkhlak” dan tagar “Bangga Melayani Bangsa” di berbagai media sosial, rakor internalisasi budaya kerja ASN BerAKHLAK serta workshop penguatan transformasi budaya kerja BerAKHLAK di Wilayah Provinsi Gorontalo.

“Upaya pak sekda dan kepala Biro Organisasi Provinsi Gorontalo ini jujur kami apresiasi bahkan jujur kami katakan masih banyak daerah yang masih mengambil ancang-ancang pak, tapi Gorontalo sudah berlari cepat. Tentu saja ini prestasi yang membanggakan bagi Provinsi Gorontalo,” kata Suprayitno dalam sambutannya pada workshop penguatan transformasi budaya kerja BerAKHLAK di Wilayah Provinsi Gorontalo yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Provinsi Gorontalo periode 2021-2024, di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Kamis (17/3/2022).

Suprayitno mengatakan prestasi Provinsi Gorontalo ini akan dicatatkan dalam buku berjudul Sabang Merauke berAKHLAK yang akan diterbikan oleh Kemendagri.

“Sesuai arahan pak Menteri kita di Kemdagri akan menerbitkan buku berjudul Sabang Merauke berAKHLAK dan dimulai dari Gorontalo. Jadi mohon ijin pak sekda mungkin mohon arahan bapak kira kira banyak tokoh di Gorontalo yang akan kami wawacarai pak sekda. Karena memang Pak Sekjen melihat banyak tokoh di Gorontalo yang bisa dijadikan contoh,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Kepala Biro Organisasi Provinsi Gorontalo Aryanto Husain mengungkapkan bahwa respon cepat Provinsi Gorontalo merupakan bentuk komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur serta seluruh jajaran Pemprov dalam menindaklanjuti arahan Presiden. Menurutnya, penguatan budaya kerja melalui internalisasi core values dan branding ASN ini adalah salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia. Menjadi ASN adalah sebuah amanah dan kepercayaan yang harus dibayar dengan pengabdian dan pelayanan, baik sebagai abdi masyarakat dan abdi negara.

“Alhahdulillah berkat dukungan pak Gubernur, Wakil Gubernur serta pak Sekda kita langsung lakukan kick off peluncurannya melalui pembuatan meme, video, surat edaran yang disebar luaskan di seluruh ASN di Wilayah Provinsi Gorontalo pada bulan Agustus lalu. kita juga menjadi daerah pertama untuk internaslisasi core values di mana kemendagri menggandeng ESQ ledearship training center sebagai motor utama dalam internaslisasi core values,” ujar Aryanto.

Pihaknya juga akan terus mensosialisasikan kepada seluruh ASN di wilayah Provinsi Gorontalo untuk mempercepat transformasi budaya kerja ASN.

“Sengaja workshop hari ini dirangkaikan dengan pengukuhan FORSESDASI untuk memaksimalkan peran para Sekda dalam menata di dalam internal demokrasi sehingga diharapkan core values ini betul betul tertanam dari atas ke bawah hingga level kelurahan dan desa,” imbuhnya.

Workshop Penguatan Transformasi Budaya Kerja BerAKHLAK di Wilayah Provinsi Gorontalo dihadiri Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba, dan seluruh Sekda Kabupaten Kota se Provinsi Gorontalo, para Asisten Setda Provinsi, kepala OPD Pemprov, serta camat dan lurah kabupaten/kota.

 

Pewarta: Nova

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI