Plt Asisten III Buka Pelatihan Potensi SAR Pertolongan Medis Pertama

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton bersama peserta pelatihan potensi SAR Pertolongan Medis Pertama (MFR) Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo di kantor Balai Guru Penggerak, Rabu (23/10/2024).

Kota Gorontalo, Kominfotik – Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton mewakili Sekdaprov membuka pelatihan potensi SAR Pertolongan Medis Pertama (MFR) Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo di kantor Balai Guru Penggerak, Rabu (23/10/2024).

“Kami mengapresiasi pelatihan ini. Semoga dapat memberikan efek positif bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia potensi pencarian dan pertolongan di wilayah Provinsi Gorontalo yang kita cintai ini,” kata Yosef Koton.

Ia menjelaskan, mencermati fenomena alam dan permasalahan di Indonesia yang kerap terjadi beberapa kecelakaan transportasi baik darat, udara, laut dan ditambah lagi bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, tsunami, kebakaran dan lain–lain.

Kejadian – kejadian tersebut yang mengisyaratkan bahwa ke depan, tugas kemanusiaan pencarian dan pertolongan akan semakin berat. Dengan keterbatasan sumber daya manusia, sarana dan prasarana Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, sangat dibutuhkan keterlibatan pemangku kepentingan untuk membantu pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

“Pelatihan ini adalah salah satu bentuk upaya dan antisipasi, untuk mempersiapkan diri kita dan masyarakat berpotensi SAR, guna menghadapi pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan yang setiap saat pasti akan terjadi,” jelasnya.

Diharapkan pelatihan ini para peserta nantinya akan dapat membantu dalam pertolongan pertama  dan evakuasi korban dengan koordinasi yang baik di antara petugas kemanusiaan. Serta, pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Pewarta : Rosyid

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI