Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI di Gorontalo Berlangsung Khidmat

Pj. Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, menyerahkan bantuan kebutuhan pokok pada peringatan HUT ke-79 TNI di lapangan David-Tony Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (5/10/2024). (Foto : Haris)

KAB. GORONTALO, Kominfotik – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lapangan olahraga David-Tony Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (5/10/2024), berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Hari Pahlawantoro.

HUT ke-79 TNI mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawasi Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Hadir pada upacara itu Penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, Kapolda Irjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Ridwan Monoarfa, bupati dan wali kota, serta sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh inspektur upacara mengatakan, tema peringatan HUT ke-79 TNI sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif. Prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis, sekaligus mampu menggunakan dan memelihara alutsista berteknologi tinggi.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut yaitu bahwa prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah bangsa,” kata Hari.

Dalam perayaan HUT ke-79, Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada Presiden Joko Widodo yang dalam 10 tahun kepemimpinannya telah banyak berkontribusi dan berjuang untuk kemajuan TNI. Panglima juga mengajak seluruh prajurit TNI untuk menyambut Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih.

Usai upacara diisi dengan defile, serta penampilan drumben dan bela diri taktis dari Batalyon Infanteri 713/Satya Tama. Perayaan HUT ke-79 TNI dilanjutkan dengan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, penyerahan bantuan bahan kebutuhan pokok, penyerahan hadiah kepada siswa peserta lomba baris berbaris, serta ramah tamah.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI