Pemprov Gorontalo Gelar Koordinasi Penanggulangan dan Kewaspadaan PIB

Plt. Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton yang memberikan sambutan pada Rakor Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Kewaspadaan menghadapi Penyakit Infeksi Baru (PIB) atau Emerging Infectious Desease, bertempat di El-Madina Hotel Kota Gorontalo, Kamis (03/10/2024.

Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Kewaspadaan menghadapi Penyakit Infeksi Baru (PIB) atau Emerging Infectious Desease, bertempat di El-Madina Hotel Kota Gorontalo, Kamis (03/10/2024). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt. Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton yang mewakili Pj. Gubernur Rudy Salahuddin.

Dalam sambutannya, Yosef memaparkan bahwa saat ini, Provinsi Gorontalo telah dihadapkan pada berbagai peristiwa kesehatan masyarakat, baik dalam bentuk peningkatan kasus penyakit menular. Seperti campak dan Penyakit yang dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I), maupun kasus zoonosis seperti leptosporosis dan rabies serta penyakit menular yang berbasis lingkungan.

“Ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa penanganan KLB atau wabah membutuhkan respon cepat, terkoordinasi, dan berbasis bukti (databased). Olehnya, saya berharap kita dapat mengkaji kembali langkah-langkah yang telah diambil selama ini dalam penanggulangan KLB/Wabah di Provinsi Gorontalo,” pintanya.

Lebih lanjut, ia berharap, seluruh stakholder dapat bergerak cepat dalam menyusun strategi yang lebih efektif dalam mencegah dan menangani KLB/wabah. Tidak hanya itu, ia juga meminta untuk memastikan tersedianya sumber daya yang memadai, termasuk SDM Kesehatan, fasilitas sarana dan prasarana kesehatan.

“Dan yang tidak kalah penting, menguatkan komunikasi risiko kepada masyarakat agar mereka memahami dan mendukung setiap langkah yang kita lakukan,” pungkasnya.

Pewarta : Winda

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI