Pemkab Gorontalo Didorong Tingkatkan Sektor Perdagangan Pertanian

Foto bersama Pj. Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, usai rakor program pembangunan dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Rabu (2/10/2024). (Foto : Fadil)

KAB. GORONTALO, Kominfotik – Penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin mendorong Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk dapat meningkatkan sektor perdagangan pertanian. Hal tersebut ia utarakan berdasarkan laporan yang didapatinya bahwa Gorontalo masih melakukan ekspor mentah ke daerah-daerah tetangga.

“Setelah kita lihat ada sektor perdagangan pertanian, begitu saya cek pertaniannya apa ternyata didominasi oleh pertanian tanaman pangan. Tanaman pangan yg notabene jagung pun itu hanya untuk pakan bukan untuk konsumsi, mungkin ada faktor lain atau ada cara lain yang bisa kita dorong supaya pertanian kita juga masih bisa menggeliat,” ujar Rudy saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gorontalo, Rabu (2/10/2024).

Saat ini kontribusi perekonomian Kabupaten Gorontalo terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi sebesar 30 persen. Menurut Rudy dengan angka sebesar itu tentu akan memberikan dampak yang signifikan bagi Provinsi Gorontalo.

“kalau pertumbuhan ekonomi di kabupaten sama angkanya dengan provinsi ya pertumbuhan ekonomi provinsi juga akan begitu-begitu saja, dampaknya tidak akan terlalu signifikan meningkat Ini mungkin perlu kita diskusikan bagaimana kita bisa mendorong itu,” imbuhnya.

Selain itu, permasalahan tengkes, kemiskinan ekstrem, dan inflasi turut menjadi bahan evaluasi Rudy terhadap Pemkab Gorontalo. Terkait inflasi yang masih tergolong tinggi juga diminta harus ada langkah ekstra dari pemerintah untuk menyeriusi hal tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pjs Bupati Gorontalo Syukri Botutihe, Ketua DPRD kabupaten Zulfikar Usira, Pj Sekda Haris Tome. Serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov dan Pemkab Gorontalo.

Pewarta : Fadil

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI