Pelaku UMKM Diminta Pahami Layanan Keuangan Inklusif

Pj. Gubernur Rudy Salahuddin foto bersama Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti dan para pelaku usaha pada kegiatan edukasi keuangan inklusif dan perlindungan konsumen di Ballroom Saronde Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Rabu (25/9/2024). (Foto: Ryan – Kominfotik)

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Pengetahuan akses keuangan yang inklusif bagi UMKM menjadi hal yang penting dalam hal pengelolaan keuangan pribadi maupun perkembangan usaha. Hal ini disampaikan oleh Pj. Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin dalam kegiatan edukasi keuangan inklusif dan perlindungan konsumen di Ballroom Saronde Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Rabu (25/9/2024).

“Bagi UMKM yang menjadi pilar perekonomian daerah, keuangan inklusif tidak hanya berbicara soal memberikan akses ke produk keuangan, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat melindungi konsumen dari berbagai resiko yang ada” ucap Rudy dalam sambutannya.

Rudy mengingatkan dibalik perkembangan era digitalisasi di bidang ekonomi, banyak resiko lain yang dihadapi seperti penipuan, pencurian identitas dan penyalahgunaan data pribadi. Olehnya, edukasi keuangan yang inklusif dapat memberikan pengetahuan awal bagi para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha.

Disamping itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti memaparkan Bank Indonesia memiliki empat strategi utama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan inklusif bagi UMKM. Empat strategi tersebut antara lain sinergitas, edukasi keuangan, peningkatan akses pembiayaan, dan perlindungan konsumen. Ia meminta agar para pelaku UMKM untuk tetap semangat dalam membangun usaha yang tetap stabil.

“Kami disini bersama sama dengan kementerian, lembaga dan juga pemerintah daerah, kita bahu membahu mendukung UMKM Indonesia, karena UMKM adalah tulang punggung bagi ekonomi Indonesia” ungkap Destry.

Usai acara, Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin bersama rombongan tamu lainnya melakukan kunjungan ke stand produk UMKM. Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Nita Anastuty, Pimpinan OPD Pemprov Gorontalo dan para pelaku UMKM.

 

Pewarta: Ryan

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI