Kontingen Gorontalo Raih 13 Medali di PON XXI

Foto bersama kontingen Gorontalo pada PON XXI Aceh – Sumut. (Foto : Istimewa)

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Kontingen Provinsi Gorontalo berhasil meraih total 13 medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara. Medali tersebut terdiri dari tiga emas, empat perak, dan enam perunggu.

“Prestasi di PON kali ini merupakan sejarah baru selama keikutsertaan Gorontalo di ajang olahraga bergengsi di tanah air. Jika sebelumnya Gorontalo hanya meraih tiga sampai lima medali saja, namun kali ini ada 13 medali yang berhasil diraih,” ungkap Ketua Umum KONI Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama, Kamis (19/9/2024).

Cabang olahraga yang berhasil menyumbangkan medali bagi kontingen Gorontalo yaitu sepak takraw dengan satu medali emas dan satu perak. Taekwondo satu emas dan dua perunggu, muaythai satu emas, serta catur dan biliar masing-masing satu perak.

Atletik menyumbangkan satu perak dan satu perunggu. Sementara cabang olahraga karate, esport, dan gateball masing-masing satu perunggu.

Prestasi tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pada PON sebelumnya. Pada PON XX di Papua, Gorontalo hanya meraih lima medali, masing-masing dua emas, satu perak, dan dua perunggu.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh atlet, pelatih, ofisial, pengurus cabang olahraga dan KONI. Lebih khusus lagi dukungan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah mengalokasikan anggaran,” kata Fikram.

Pada PON XXI, kontingen Gorontalo mengirimkan 83 atlet untuk 18 cabang olahraga. PON XXI Aceh – Sumut akan ditutup pada Jumat, 20 September 2024 di stadion utama Medan.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI