Fordas Gorontalo Dorong Perubahan Perilaku Masyarakat untuk Penyelamatan Danau

Pelaksanaan webinar internasional, di SDN 16 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Rabu (11/9/2024). (Foto : Mila)

Kab. Gorontalo, Kominfotik – Forum Daerah Aliran Sungai Provinsi Gorontalo terus melakukan upaya untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam penyelamatan Danau Limboto. Hal tersebut menjadi target utama yang dikatakan Ketua Fordas Wawan Tolinggi saat diwawancarai usai pelaksanaan webinar internasional, di SDN 16 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Rabu (11/9/2024).

“Target kami adalah proses perubahan perilaku masyarakat, untuk itu rencananya kami akan melaksanakan kegiatan serupa seperti hari ini selanjutnya di Kabupaten Boalemo tapi lebih dikhususkan kepada masyarakat,” ungkap Wawan.

Setelah melaksanakan webinar internasional yang melibatkan siswa dari beberapa sekolah dasar di Limboto dengan siswa dan guru dari Jepang, Forum DAS rencananya akan melanjutkan kegiatan edukasi serupa di Kabupaten Boalemo. Pihaknya berencana akan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

Kegiatan yang direncanakan ini juga akan dikolaborasikan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). Tujuan kolaborasi tidak lain untuk mengidentifikasi masalah lingkungan di Gorontalo dan Jepang dengan harapan bisa berkelanjutan.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Kuliah Kerja Dakwah yang dikerjakan oleh Universitas Muhammadiyah Gorontalo bisa mengundah semua pihak dalam penyelamatan lingkungan dan paling penting adalah proses perubahan perilaku masyarakat,” ungkap Wawan.

Lebih daripada itu, Wawan juga mengungkapkan melalui webinar internasional yang diadakan, dapat menjadi rekomendasi untuk pemerintah provinsi dan Kabupaten Gorontalo agar modul pembelajaran dari SD hingga SMA benar-benar faktual. Misalnya dengan melakukan kunjungan langsung ke lokasi seperti Danau Limboto atau daerah aliran sungai yang mengalami pencemaran.

Pewarta : Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI