Dekranasda Gorontalo Gaet Desainer Wastra Nasional Tingkatkan Kualitas Karawo

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Djoewiati Kentjana Soebrata bersama Desainer Wastra Nasional Didiet Maulana saat melakukan survei di Sumber Usaha Karawo, Kab. Gorontalo, Kamis (5/9/2024). (Foto : Putra)

Kab. Gorontalo, Kominfotik – Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Djoewiati Kentjana Soebrata menggaet Desainer Wastra Nasional Didiet Maulana dengan tujuan meningkatkan kualitas karawo. Hal ini diwujudkannya dalam kolaborasi bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Bank Indonesia, dan PT. Bank Mandiri dengan mengadakan survei dan pelatihan pemberdayaan UMKM Gorontalo.

Survei dan pelatihan pemberdayaan UMKM Gorontalo kali ini mengunjungi beberapa perajin karawo diantaranya Karawo Brand’s By Te Thuna,
Sumber Usaha Karawo, dan kelompok perajin karawo Nirwana, Kamis (5/9/2024).

Desainer Wastra Nasional Didiet Maulana mengatakan banyak hal yang perlu dikembangkan seperti motif dan simbol daerah yang digunakan. Ia juga melihat setiap perajin semangat dan optimis dalam mengmbangkan setiap hasil karya mereka.

“Nanti dari tim kami akan memasak programnya seperti apa, kemudian melihat kebutuhannya seperti apa, dan bagaimana step by step-nya untuk pemasaran yang bisa diaplikasikan oleh para perajin di sini,” ungkap Didiet.

Didiet juga melihat harga yang ditawarkan sangat kompetitif. Hal tersebut juga karena kesulitan dan waktu yang lama dalam pengerjaannya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Djoewiati Kentjana Soebrata menyampaikan kolaborasi ini bertujuan agar perajin karawo bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas pemasaran karawo. Ia juga akan mengupayakan pelatihan untuk para perajin kedepannya.

“Saya selalu mengajukan untuk pelatihan, tidak cuma dari sulamannya tapi manajemennya. Saya juga masih ada beberapa proyek dari Dekranasda mungkin akhir bulan atau bulan depan kami laksanakan,” ungkap Djoewiati.

Pewarta : Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI