Koloborasi Pentahelix Harus Mampu Kembangkan Geopark Gorontalo Secara Berkelanjutan  

Plt. Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton mewakili Sekdaprov, saat membuka Diskusi kelompok terpumpun penyamaan persepsi antara pemerintah daerah, kementerian, KNGI, dan pengelola geopark nasional secara daring melalui zoom meeting, Kamis (29/8/2024).

Kota Gorontalo, Kominfotik – Kolaborasi seluruh pentahelix harus terlibat dalam pengembangan Geopark Gorontalo secara berkelanjutan. Unsur pentahelix ini terdiri dari pemerintah, akademisi, komunitas, pengusaha dan media.

Hal ini disampaikan Plt. Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton mewakili Sekdaprov, saat membuka Diskusi kelompok terpumpun penyamaan persepsi antara pemerintah daerah, kementerian, KNGI, dan pengelola geopark nasional secara daring melalui zoom meeting, Kamis (29/8/2024).

“Media massa juga memiliki peran penting dalam mempercepat segala publikasi informasi tentang Geopark Gorontalo dan turut membantu dalam membangun pemahaman masyarakat tentang geopark di era digital saat ini,” ujar Yosef.

Ia menjelaskan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota terus melakukan kolaborasi tentang berbagai pembangunan dalam pengembangan Geopark Goorontalo dari berbagai urusan. Sehingga dapat memperoleh rekomendasi pengusulan untuk bisa ditetapkan menjadi geopark nasional.

Menurutnya menyamakan persepsi bahwa geopark hadir untuk mengubah paradigma dari ekstraksi ke konservasi dan menjadi jalan baru ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Sehingga segala potensi yang ada di kawasan Geopark Gorontalo bisa dikelola secara berkelanjutan melalui pilar konservasi, edukasi, dan mampu menghasilkan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.

“Hal ini semata-mata demi tujuan utama pengembangan geopark yaitu memuliakan warisan bumi dan mensejahterakan Masyarakat,” tutur Yosef.

Yosef juga berharap penetapan calon Geopark Gorontalo sebagai geopark nasional melalui surat keputusan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dapat segera disetujui pada tahun 2024.

Pewarta : Rosyid

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI