Forum DAS Gorontalo Gandeng JICA Gelar Webinar Internasional Edukasi Lingkungan 

Forum DAS Provinsi Gorontalo, Bapppeda Provinsi dan akil Rektor II Universitas Muhammadiyah Gorontalo Salahudin Pakaya, saat membuka kegiatan webinar Internasional terkait edukasi lingkungan yang bekerjasama dengan JICA-Jepang, Kamis, (29/8/2024). Foto – Simon Diskominfotik 

Kabupaten Gorontalo, Kominfotik- Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Gorontalo bekerjasama dengn Japan International Cooperation Agency (JICA), menggelar webinar Internasional terkait edukasi lingkungan, Kamis, (29/8/2024). Webinar dengan tema “berbagi pengalaman untuk satu bumi” itu turut menggandeng Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

Ketua Forum DAS Provinsi Gorontalo Wawan Tolinggu menyebut, kegiatan berbagi pengalaman untuk satu bumi ini menjadi syarat untuk menyamakan presepsi dengan generasi muda di Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Jepang (JICA). Bagaimana kesadaran dan kolaboratif dalam kegiatan – kegiatan guna melestarikan danau setempat.

Sementara itu melalui video dukungannya, PJ Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyampaikan kegiatan ini diharapkan berdampak nyata pada upaya konservasi DAS dan pelestarian Danau Limboto yang berkelanjutan. Terlebih Forum DAS bersama JICA-Jepang memiliki program Sister School yang dianggap memiliki peran krusial dalam menjaga kelestarian lingkungan sejak dibangku sekolah dasar.

“Memilih sekolah sangat baik, karena sekolah dapat menanamkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan sejak dini. Baik melalui kegiatan project pembelajaran, kegiatan intra dan ekstrakurikuler. Untuknya saya mendukung penuh kegiatan edukasi lingkungan dan penyelamatan danau Limboto ini ” ujarnya.

Selain itu pula pihak Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang diwakili Wakil Rektor II Salahudin Pakaya menyebut, sebagai instansi atau institusi yang bergerak di bidang peningkatan pengembangan pengetahuan, kampus UMGO menyambut baik kegiatan edukasi lingkungan ini. Ia berharap webinar yang dikhususkan untuk guru dan murid di sekolah dasar ini dapat bermanfaat di masa depan.

Webinar Internasional yang dilaksanakan di gedung LPPM UMGO itu menghadirkan beberapa narasumber langsung dari Jepang. Selain itu pula dilakukan sharing session antara sekolah SD di Jepang dan juga SD yang ada di Kabupaten Gorontalo. Sekolah yang dipilih adalah sekolah yang dekat dengan aliran sungai danau Limboto.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI