Gorontalo Siap Jadi Tuan Rumah Peransaka Nasional 2025

Pelaksanaan apel besar gerakan pramuka ke-63 tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo tahun 2024 yang dirangkaikan dengan pembukaan Kemah Bela Negara dan Peluncuran Gorontalo tuan Rumah Peransaka 2025, di Lapangan Alun-Alun Bone Bolango, Selasa (20/8/2024). (Foto : Andika)

Kab. Bone Bolango, Kominfotik – Provinsi Gorontalo siap menjadi tuan rumah untuk penyelenggaran Peransaka Nasional di tahun 2025. Hal ini diungkapan Ketua Kwartir Daerah Gorontalo Sofyan Puhi pada apel besar gerakan pramuka ke-63 tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo tahun 2024 yang dirangkaikan dengan pembukaan Kemah Bela Negara, di Lapangan Alun-Alun Bone Bolango, Selasa (20/8/2024).

Persiapan Gorontalo menjadi tuan rumah ini juga telah diluncurkan yang ditandai dengan membunyikan sirene oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI Mar. (Purn) Yuniar Ludfi, dan Kakwarda Sofyan Puhi. Didampingi juga oleh Bupati Bone Bolango Merlan Uloli dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bone Bolango Lolly Pou Junus.

“Gorontalo menjadi tuan rumah untuk Peransaka 2025 itu tidak mudah, kita berjuang di Munas kemarin. Alhamdulillah Gorontalo sudah dipercayakan, dan kami juga telah melakukan koordinasi dengan Forkopimda serta pihak lainnya,” ungkap Sofyan.

Peransaka adalah perkemahan antar Satuan Karya Pramuka baik penegak dan pandega yang menjadi anggota didalamnya, serta diselenggarakan oleh kwartir di wilayahnya. Gorontalo telah ditunjuk dalam musyawarah nasional ke-XI yang dilaksanakan di Banda Aceh pada bulan Desember Tahun 2023 lalu.

Untuk itu, melalui pelaksanaan Kemah Bela Negara yang saat ini juga dilaksanakan di seluruh Indonesia diharapkan menjadi bahan monitoring dan evaluasi untuk persiapan Peransaka di Gorontalo nanti. Ketua Panitia Kemah Bela Negara itu juga meyakini Gorontalo layak untuk jadi pelaksana kegiatan pramuka berskala nasional itu.

 

“Kami harapkan semua pihak bisa menyemangati kita agar kita mampu merencanakan dengan baik pelaksanaan kegiatan Peransaka di 2025 nanti. Waktunya nanti kita sesuaikan tapi yang pasti Pemprov Gorontalo dan Pemkab Bone Bolango telah siap, lewat DPRD Gorontalo juga telah siap mencadangkan anggaran 2025 untuk Peransaka,” ungkap Sofyan.

Kemah Bela Negara dilaksanakan dalam rangka memperingati hari proklamasi ke-79 sebagai penyemangat generasi muda untuk semakin mencintai NKRI. Kegiatan yang akan berlangsung hingga pada tanggal 25 Agustus 2024.

Pewarta : Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI