701 Napi Gorontalo Dapat Remisi HUT ke-79 RI

Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin saat menerima cenderamata hasil karya warga binaan, saat kunjungan sekaligus dalam rangka pemberian remisi kepada Narapidana di sejumlah lapas se Provinsi Gorontalo, Sabtu, (18/7/2024). Foto – Nova Diskominfotik.

Kabupaten Gorontalo, Kominfotik- Sebanyak 701 narapidana (napi) di Provinsi Gorontalo mendapatkan remisi kemerdekaan bertepatan dengan HUT ke-79 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2024). Remisi diserahkan simbolis oleh Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin di Lapas Perempuan Kelas III di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Warga binaan di Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo menjadi yang terbanyak mendapatkan remisi dengan jumlah 384 napi, disusul Lapas Kelas IIB Pohuwato dan Lapas Kelas IIB Boalemo masing-masing 157 napi dan 107 napi. Lapas Perempuan Kelas III 43 napi dan LPKA Kelas II Gorontalo 10 napi.

Dari 701 remisi yang diberikan, ada 18 orang yang mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas. Sementara sisanya 683 napi mendapatkan remisi umum I atau pengurangan masa tahanan. Remisi umum I termasuk untuk 10 anak binaan di LPKA Kelas II Gorontalo.

Pj. Gubernur Rudy saat membacakan sambutan Menkumham RI Yasona Laoly mengungkapkan, pemberian remisi bukan semata-mata diberikan secara sukarela oleh pemerintah, namun bentuk apresiasi dan penghargaan bagi warga binaan yang sungguh-sungguh mengikuti program pembinaan di lembaga pemasyarakatan.

“Saya berpesan kepada seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi dan pengurangan masa pidana pada hari ini untuk menjadikan momentum ini sebagai sebuah motivasi untuk selalu berperilaku baik, mematuhi aturan yang berlaku, mengikuti program pembinaan dengan giat dan bersungguh-sungguh,” kata Rudy Salahuddin.

Ia berharap bagi 18 napi yang dinyatakan bebas hari ini dapat kembali ke masyarakat dengan sikap dan semangat baru. Menunjukkan kepribadian yang lebih baik di tengah-tengah masyarakat.

“Saya ucapkan selamat menjalin kebersamaan dengan lingkungan masyarakat. Jadilah insan dan pribadi yang baik. Hiduplah dalam tata nilai kemasyarakatan yang baik, taat hukum, mulailah berkontribusi secara aktif dalam pembangunan,” pintanya.

Acara penyerahan remisi bagi napi berlangsung meriah. Warga binaan perempuan menyambut Pj. Gubernur dengan tari-tarian. Ada juga penyerahan cenderamata karya warga binaan dari Kepala Kanwil Kumham Provinsi Gorontalo Pagar Butar-Butar kepada Pj Gubernur Rudy.

Turut hadir mendampingi Pj Gubernur, Sekdaprov Gorontalo Sofian Ibrahim, Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, serta Forkopimda atau yang mewakili.

Pewarta : Isam

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI