Pemprov Gorontalo Bersama Google for Education Dorong Produktivitas Guru

Foto bersama pelaksanaan loka karya Google for Education di Provinsi Gorontalo bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Selasa (6/08/2024). Foto – Andika Diskominfotik 

Kota Gorontalo, Kominfotik- Pemerintah Provinsi Gorontalo berkolaborasi dengan Google for Education mendorong produktivitas guru dan siswa dalam memaksimalkan pemanfataan aplikasi belajar digital. Khususnya akunbelajar.id yang diinisasi oleh Google dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin, menyebut bahwa produktivitas guru menjadi hal penting dalam kesuksesan transformasi digital. Hal ini diungkapkan saat menjadi pembicara utama dalam acara lokakarya tentang Cara Baru untuk Belajar yang di Gelar oleh Google for Education, bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Selasa (6/08/2024).

“Saat para guru melakukan audiensi dengan saya, saya menyampaikan bahwa aplikasi dari Google ini juga seyogyanya harus bisa dimanfaatkan untuk melatih dan memperkaya keterampilan guru. Sehingga guru yang adaptif dan normatif ini bisa beralih kepada guru yang produktif,” kata Pj. Rudy.

Di tempat yang sama, Chrome Program Manager, Rahmadi Sianipar Renyut, menyebut bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendigitalisasi sistem pendidikan yang ada di Provinsi Gorontalo. Beberapa program dijalankan seperti komunitas guru, pelatihan guru, dan Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG) agar sistem belajar dan mengajar semakin maju dan kreatif.

“Sekarang kami di google sedanh mengedepankan sekolah rujukan, karna kami percaya bahwa pendidikan itu bisa terjadi di mana saja. Di sekolah rujukan ini, kita melihat belajar menggunakan chromebook, belajar mengajar menggunakan workspace, dan bagaimana cara mendidik secara digital,” lanjutnya.

Hingga saat ini, sudah ada 25 sekolah se-Indonesia yang lulus menjadi KSRG. Khusus SMPN 1 Kota Gorontalo diharapkan Penjagub dapat menjadi salah satu sekolah yang masuk dalam program tersebut.

Untuk diketahui, Kandidat Sekolah Rujukan Google merupakan program undangan yang ditunjukan khusus sekolah negeri yang tertarik dalam menghadirkan kegiatan belajar mengajar yang inovatif berbasis alat-alat Google for Education.

Pewarta : Winda

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI