Menko Perekonomian Apresiasi Program Recak Digital Diskominfotik Gorontalo

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada FEKDI dan KKI di Jakarta Convention Center, Kamis (1/8/2024).

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Program Remaja Cakap (Recak) Digital Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, memperoleh apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Recak Digital dinilai menjadi contoh dalam meningkatkan talenta digital Indonesia.

“Terkait talenta digital, salah satu yang menjadi contoh adalah Provinsi Gorontalo. Gorontalo ini skornya tinggi, naik 10 peringkat ke rangking 20 karena didukung oleh program lokal yaitu Remaja Cakap Digital dari Diskominfotik setempat, ini luar biasa,” kata Airlangga dihadapan Presiden Joko Widodo dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia, di Jakarta Convention Center, Kamis (1/8/2024).

Menko Perekonomian mengungkapkan, daya saing digital Indonesia naik ke posisi 45 dunia di tahun 2023, yang sebelumnya berada pada peringkat ke-56 pada tahun 2019. Menurut Airlangga, hal ini menunjukkan bahwa ekosistem dan keuangan digital RI juga menunjukkan kemajuan.

“World digital competitiveness di tahun 2019 kita masih di nomor 56 dan menjadi peringkat ke-45 di tahun 2023. Jadi naik 11 tingkat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Diskominfotik Gorontalo, Rifli Katili, menjelaskan program Recak Digital sudah berjalan sejak tahun 2022 yang menyasar para siswa SMA sederajat. Program ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada para pelajar terkait penggunaan internet dan media sosial yang baik dan bertanggung jawab. Melalui Recak Digital, siswa dilatih untuk membuat konten-konten kreatif yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, sekolah, dan masyarakat.

“Berdasarkan laporan East Ventures – Digital Competitivenes Index tahun 2024 yang berkolaborasi dengan Katadata, Gorontalo menjadi satu-satunya provinsi yang indeksnya naik 10 peringkat. Indeks kita memperoleh skor 38,1. Tahun 2024, karena rasionalisasi anggaran, Recak Digital belum optimal mendapat dukungan anggaran, namun insya Allah ke depan ini akan menjadi atensi kami,” kata Kepala Diskomifotik Gorontalo, Rifli Katili.

Pewarta : Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI