Warga Desa Tapaluluo Nikmati Air Bersih Program TNI Manunggal

Pj Gubernur Gorontalo, Danrem 133/NWB, jajaran Forkopimda, dan TNI/Polri, saat mengikuti secara hybrid, pengresmian air bersih melalui Program TNI Manunggal Air, oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Provinsi Gorontalo pengresmian dilakukan di Desa Tapaluluo, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Selasa, (30/7/2024). Foto – Nova Diskominfotik

Kabupaten Gorontalo, Kominfotik- Warga Desa Tapaluluo, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, akhirnya bisa menikmati air bersih melalui program TNI Manunggal Air. Program tersebut merupakan program TNI-AD dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Pengresmian air bersih di Desa Tapaluluo, Selasa, (30/7/2024) itu, dilaksanakan bersamaan dengan 2.554 titik sumber air bersih lainnya se Indonesia oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Turut hadir secara hybrid Pj. Gubernur Rudy Salahuddin, Danrem 133/NWB, Wakapolda Gorontalo, unsur Forkopimda provinsi serta jajaran TNI/Polri.

Sebagaimana penyampaian Kasad, Danrem 133/NWB Brigjen TNI Hari Pahlawantoro usai peresmian menyampaikan, sampai dengan saat ini program TNI Manunggal Air sudah mencakup sampai 2.554 titik. Rencannya di tahun depan akan ditambah lagi kurang lebih harus mencapai 4.000 titik pembangunan sumber air bersih tersebut. Khusus di Provinsi Gorontalo sendiri, pihaknya sudah membangun sembilan titik yang sudah diresmikan.

“Saat ini satu titik lagi sedang dibangun di wilayah Kabupaten Gorontalo. Rencananya sesuai arahan pak Kasad tadi harus bertambah, maka secara bertahap tahun depan di Provinsi Gorontalo ada 20 titik sumber air lagi yang akan kami kerjakan,” ujarnya.

Jenderal bintang satu itu menambahkan, program ini merupakan program utama TNI AD dalam mengentaskan masalah kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat. Karena air merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan sehari hari.

“Yang kita resmikan hari ini itu, fasilitasnya kurang lebih 1 liter perdetik yang bisa dinikmati oleh 900 KK di Desa Tapaluluo ini. Sebagai Komandan Korem saya berharap pak gubernur juga pemerintah kabupaten/kota dan seluruh stakeholder untuk terus mensuport program ini,” harapnya.

Sementara itu Pj. Gubernur Rudy Salahuddin menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap program TNI Manunggal Air ini. Pihaknya mengajak semua pemerintah daerah, bersama sama dengan TNI/Polri untuk terus berkoordinasi untuk bisa memperluas cakupan air bersih yang berguna untuk masyarakat.

Pewarta: Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI