Pj. Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan UPTD Labkesda Provinsi Gorontalo

Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin saat meletakan batu pertama pembangunan UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Gorontalo, Selasa (30/07/2024). (Foto : Andika)

 

Kota Gorontalo, Kominfotik – Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin melakukan peletakkan batu pertama pembangunan UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Gorontalo, Selasa (30/07/2024). Pembangunan yang berada di Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur ini, terdiri dari dua lantai dengan luas total bangunan 2.300 meter persegi yang akan diselesaikan dalam dua tahap.

Tahap pertama rencananya akan dilakukan pembangunan operasional lantai satu dengan luas 1.150 meter persegi yang menggunakan anggaran tahun 2024. Lantai dua kemudian akan diselesaikan pada tahun anggaran selanjutnya.

“Kami berharap, dengan adanya laboratorium yang modern dan lengkap ini dapat membantu pelayanan kesehatan untuk masarakat. Selain itu juga, kualitas pemeriksaan kesehatan dapat meningkat secara signifikan serta mempercepat proses pemeriksan dan hasil uji laboratorium,” kata Rudy.

Bangungan baru ini akan dilengkapi dengan ruangan khusus untuk pemeriksaan penyakit darurat yang difasilitasi langsung oleh Kementrian RI. Dikatakan Rudy, ruangan khusus ini dilatar belakangi oleh pandemi covid-19 yang sempat menerpa hanpir seluruh negara. Olehnya, UPTD Balai Labkesda diharapkan menjadi upaya Pemprov agar lebih siap menghadapi tantangan kesehatan di masa mendatang.

“Saya juga berharap UPTD ini dapat berperan sebagai sumber pendapatan asli daerah. Dengan adanya retribusi pelayanan kesehatan yang dikenakan kepada pengguna layanan dapat mendukung operasional fasilitas serta mendukung kegiatan-kegiatan yang dalat meningkatkan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Selain Penjagub, peletakan batu pertama pembangunan UPTD ini juga dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dr. Anang S. Otoluwa, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Amir Hadju. Ada juga dari unsur Labkesda Provinsi dan unsur Kejaksaan Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Winda

Editor : Isam

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI