Pilmapres Nasional 2024 Dimulai, 31 Mahasiswa Se-Indonesia Siap Berkompetisi  

Pemukulan alat musik Polopalo oleh Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek RI, Rektor Universitas Negeri Gorontalo, sebagai tanda dibukanyaPemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2024 yang akan digelar di UNG, Rabu, (24/7/2024). (Foto – Fadil Diskominfotik)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2024 yang digelar di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) resmi dimulai. Sebanyak 31 mahasiswa berprestasi, terdiri dari 16 peserta program sarjana dan 15 mahasiswa diploma yang berasal dari 28 perguruan tinggi se-Indonesia siap berkompetisi.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti, di Ballroom Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Rabu, (24/7/2024). Pembukaan acara ditandai dengan membunyikan alat musik polopalo.

Suharti mewakili Mendikudristek, berharap ajang ini tidak hanya dijadikan sebagai kompetisi untuk menemukan peraih skor tertinggi saja. Harapan besarnya, kegiatan semacam ini justru dapat menjaring ide-ide dan gagasan kreatif yang kedepannya dapat dimanfaatkan sebagai upaya perubahan bangsa.

“Kompetisi ini harus menjadi ajang bagi para mahasiswa bertalenta untuk menjalin hubungan dan kerja sama. Kita juga dapat memanfaatkan untuk mencari ide-ide kreatif mereka terkait apa yang akan dikerjakan nanti untuk menjadi upaya-upaya yang kelak dapat menjadi proyek perubahan,” ujar Suharti.

Di tempat yang sama, Rektor UNG Eduart Wolok selaku tuan rumah menjelaskan, kampus merah maron merupakan kampus kedua di wilayah Indonesia Timur yang dipercaya oleh Kemendikbudristek menjadi pelaksana kegiatan Pilmapres Nasional. Ia meyakini 31 mahasiswa yang datang berkompetisi di UNG itu dapat memberikan spirit baru yang dapat menginspirasi dan menjadi sosok yang dikagumi serta menjadi contoh bagi banyak orang di luar sana.

“Secara tidak langsung dampak dari kegiatan-kegiatan prestasi tingkat mahasiswa yang terus dilaksanakan dan dikembangkan oleh Kemendikbudristek dapat melahirkan sosok-sosok idola baru. Kemudian mereka inilah yang akan menginspirasi banyak orang di luar sana untuk terus belajar, berkarya dan menorehkan prestasi hingga ke tingkat nasional bahkan internasional,” jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Kepala Pusat Prestasi Nasional Veronica Irene Herdjiono, dan Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Suriel Samuel Mofu. Ada juga Staf Khusus Kemendikbudristek Bidang Komunikasi dan Media Muhammad Haikal serta jajaran Forkopimda, juga Bupati/Walikota se-provinsi.

Pewarta : Sella

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI