Sespimti Dikreg ke-32 Tertarik Potensi Aren Gorontalo

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya saat menyerahkan cenderamata kepada Brigjen Pol Iswahyudi pada penerimaan peserta didik Sespimti Dikreg ke-32 Tahub 2023 dalam rangka kegiatan Praktik Kerja dalam negeri (PKDN) Pokjar X Wilayah Provinsi Gorontalo, di Aula Dulohupa, Kantor Gubernuran, Selasa (25/7/2023). (Foto : Mila)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Peserta didik Sespimti Dikreg ke-32 tertarik dengan potensi aren di Gorontalo saat menggelar pertemuan dengan Penjabat Gubernur Ismail Pakaya di Aula Dulohupa, Kantor Gubernuran, Selasa (26/7/2023). Peserta bertanya bagaiaman potensi aren Gorontalo dimanfaatkan, diolah dan menghasilkan keuntungan ekonomi.

“Kemarin kami di Polda mendapatkan informasi bahwa salah satu potensi yang di hutan Gorontalo ini adalah pohon aren. Selama ini menjadi permasalahan di Gorontalo Manado dan sekitarnya termasuk Makassar, pohon aren menimbulkan masalah ketika niranya di suling menjadi alkohol dan itu menjadi potensi gangguan kamtibmas,” ungkap peserta Sespimti Yulianto.

Menjawab pertanyaan ini, Penjagub Ismail menjelaskan di Provinsi Gorontalo sendiri minuman keras tradisional dari nira pohon aren atau dikenal cap tikus ini memang sering masuk di Gorontalo namun sering juga disita. Selain memang tidak dilegalkan, hal ini juga bertentangan dengan budaya Gorontalo sendiri.

Staf Ahli Bidang Sosial, Budaya, Politik, dan Kebijakan Publik Kementerian Ketenagakerjaan ini menambahkan, Gorontalo lebih dikenal dengan produksi gula aren murni. Permasalahannya ialah mahalnya transportasi untuk ekspor ke luar daerah.

“Pasaran lokal itu agak sulit, kalau kita bawa ke Jawa mungkin harganya bisa meningkat tapi tranportasi dari sini itu mahal. Oleh karena itu, kemarin saya rapat dengan Kadis Perhubungan bersama balai terkait, saya minta Tol laut itu sampai Surabaya. Sekarang Tol laut kita itu hanya sampai Makassar,” jelas Ismail.

Mendorong hal tersebut, Penjagub Ismail telah meminta Dinas Perhubungan bersama balai terkait agar Tol laut yang ada di Gorontalo bisa sampai ke Tol laut di Surabaya. Minimal masuk Tanjung Pinang agar mengurangi biaya transportasi.

Para industri juga terus berinovasi dengan membuat gula aren cair. Sehingga lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Pada tahun 2022, sebanyak 500 ton gula aren asal Gorontalo juga diekspor ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Gula aren produksi Dulamayo Selatan juga sudah diekspor ke berbagai negara di antaranya Belanda dan Turki. Produksi gula aren ini dengan dua merek yakni Aren Go untuk pasar nasional serta Manembo Organik Palm Sugar untuk pasar internasional.

Pewarta : Mila

Editor : Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI