Menkop UKM Sarankan Pelaku UMKM Gorontalo Bermitra Dengan Bank

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki (kemeja putih) didampingi Wagub Idris Rahim (kemeja merah) saat melakukan kunker di Koperasi Metalik Jaya yang memproduksi kain khas Karawo, di Bunggalo Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Minggu (29/12/2019). (Foto : Fikry)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menyarankan, para pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo bermitra dengan bank pemerintah untuk memperkuat permodalan usaha.

Hal ini dikatakan Teten saat melakukan kunjungan kerja di Gorontalo khususnya di Koperasi Metalik Jaya yang memproduksi kain khas Karawo dan Pia, di Bunggalo Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Minggu (29/12/2019).

“Saat ini pemerintah pusat telah menyediakan pembiayaan lewat perbankan dan tidak lagi memberikan lewat bantuan-bantuan, karena bantuan-bantuan itu sebagain besar tidak berhasil menumbuhkan wirausahawan di masyarakat,” kata Teten

Teten menambahkan memang masih banyak masyarakat pelaku UMKM masih takut dengan bank. Padahal pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengeluarkan bantuan pinjaman modal atau Kredit usaha rakyat (KUR) dengan suku bunga enam persen per tahun atau lebih rendah dibandingkan suku bunga yang sama tahun sebelumnya.

“Bahkan pemerintah memberikan keringanan kebijakan lain yakni tanpa ada agunan dengan nilai pinjaman maksimum Rp 50 juta, wirausaha kita dorong mereka supaya menggunakan KUR,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim yang turut hadir mendampingi Menkop UKM dalam kunjungannya menyampaikan rasa terimakasih kepada Teten atas kunjungan kerjanya ke Gorontalo. Menurut Idris harusnya akhir tahun seperti ini digunakan untuk berlibur bersama keluarga tetapi Menkop masih menyempatkan diri untuk membekali para pelaku UMKM di Gorontalo.

“Ini langka sekali. Kenapa langka? Karena pejabat sekelas Menteri datang berkunjung saat sudah akhir tahun, bukan liburan tetapi karena kunjungan kerjanya. Terimakasih pak, saya berharap para pelaku UMKM bisa memanfaatkan kunjungan singkat dari pak Menkop ini, aplikasikan semua yang beliau sampaikan karena ini untuk kemajuan UMKM kita,” tutur Idris.

Selain kunjungan kerja ke Kabupaten Gorontalo Menkop UKM sebelumnya hadir di Benteng Ulanta di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Sabtu malam. Dalam kunker tersebut ia juga mengukuhan Asosiasi UMKM se-Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta : Fikry/Ecin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI