Gubernur Rusli Berdayakan Penjahit Lokal Produksi Masker Kain

Gubernur Rusli Habibie didampingi Sekdaprov Gorontalo dan Ketua BAZNAS berfoto bersama dengan perwakilan penerima bantuan UMKM terdampak covid-19, Selasa (31/8/2021). Selain bantuan uang tunai, Rusli juga akan memberdayakan penjahit  lokal untuk membuat masker kain. (Foto Salman) 

Kota Gorontalo, Kominfo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berprofesi sebagai penjahit untuk membuat masker kain. Hal ini menjadi instruksi gubernur saat menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM yang terdampak covid-19, Selasa (31/8/2021).

“Tolong pak Kadis Komperindag lakukan pendampingan kepada para penjahit yang hadir hari ini. Kita sediakan bahan untuk membuat masker kain dan paling penting setelah itu kita lagi yang beli, dan kita bagi-bagikan kepada masyarakat Gorontalo. Daripada kita pesan diluar daerah, kita berdayakan saja ibu-ibu di sini,” kata Rusli

Rusli menegaskan selain menyediakan masker kain untuk terus mencegah penyebaran Covid-19, kegiatan ini sembari melakukan pemberdayaan para penjahit lokal yang kini kesulitan mencari nafkah, akibat pesanan jahitan menurun drastis dampak dari pandemi corona.

“Pak Sekda kan ada gaji saya yang disumbangkan untuk covid-19 di kas daeah. Kalau boleh uang itu  digunakan untuk bayar masker yang dijahit oleh ibu-ibu ini. Berapa kemampuan mereka menjahit 50 ribu atau 100 ribu masker yang bisa mereka buat, satuannya kita beli Rp. 5.000,” jelasnya

Hal tersebut disambut bahagia oleh Herlina Pakaya. Penjahit asal Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo ini mengaku sangat berterimakasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh gubernur Rusli. Herlina bercerita sejak pandemi covid-19 dirinya tidak lagi mendapatkan penghasilan seperti sediakala. Jika sehari biasa ia bisa menjahit 4-5 pasang baju saat ini satu orderan saja sudah susah.

“Tidak ada yang bisa kami ucapkan selain terimakasih banyak untuk bantuan dari bapak gubernur. Sebenarnya di awal-awal pandemi corona saya juga menjahit masker dan saat itu masih banyak yang order. Tapi makin kesini makin berkurang bahkan sudah tidak ada lagi, mungkin karena sudah banyak masker yang dijual, jadinya kami tetap kesusahan. Dengan adanya orderan jahitan ini otomatis membantu mata pencaharian kami, terimakasih pak gubernur,” tuturnya haru.

Dikesempatan itu pula, gubernur Rusli melalui BAZNAS Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp1,2 juta kepada 924 pelaku UMKM yang terdampak covid-19. Selanjutnya, dari total 1.922 UMKM calon penerima akan dibagi waktu penerimaan hingga Desember 2021.

Pewarta : Echin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI