Gorontalo Siap Jadi Lokasi L2Dikti Gosulutteng

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan arahan pada pertemuan dengan Tim Visitasi Kemenristek Dikti untuk pembentukan L2Dikti Gosulutteng di eks kantor Gubernur Gorontalo, Jumat (3/8). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Tim Visitasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), mengapresiasi kesungguhan dan kesiapan Provinsi Gorontalo untuk menjadi lokasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) wilayah Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah (Gosulutteng).

“Gorontalo yang paling siap untuk pembentukan L2Dikti. Begitu kami datang, kesiapannya tidak hanya cerita, tetapi benar-benar gedung dan lahannya sudah ada,” ujar Ridwan, Ketua Tim Visitasi Pembetukan L2Dikti pada pertemuan dengan Pemprov Gorontalo dan pimpinan perguruan tinggi se Provinsi Gorontalo di eks kantor Gubernur Gorontalo, Jumat (3/8).

Ridwan menjelaskan, pemilihan Provinsi Gorontalo menjadi lokasi L2Dikti yang membawahi tiga provinsi, karena mempertimbangkan letak geografis Gorontalo yang posisinya berada di tengah antara Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Menurutnya hal itu sesuai dengan semangat pembentukan L2Dikti yaitu mendekatkan pelayanan ke perguruan tinggi.

“Pak Menteri itu menginginkan L2Dikti dekat dengan perguruan tinggi yang diawasinya, karena itu dipilihlah Gorontalo. Pilihan pak Menteri sangat tepat karena Gorontalo juga sangat serius menjadi lokasi L2Dikti,” tutur Ridwan.

Selain kesiapan gedung, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan ditempatkan pada L2Dikti Gorontalo juga telah disiapkan. Sebanyak 17 ASN daerah telah di SK-kan dan tinggal menunggu proses administrasi peralihan menjadi ASN Pemerintah Pusat.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengutarakan, Pemprov Gorontalo memberi dukungan penuh terhadap pembentukan L2Dikti di Gorontalo. Hal itu ditunjukkan dengan pemberian hibah tanah untuk pembangunan kantor L2Dikti, termasuk melakukan rehabilitasi kantor gubernur lama yang akan dijadikan kantor sementara L2Dikti Gorontalo.

Idris menambahkan, untuk pembetukan L2Dikti Gosulutteng, dirinya sudah dua kali bertemu dengan Menristek Dikti, termasuk dengan Sekretaris Jenderal dan Kepala Biro Hukum Kemenristek Dikti.

“Ini bukti keseriusan kami. Semoga Peraturan Menristek Dikti tentang L2Dikti ini secapatnya bisa keluar,” harap Idris.

L2Dikti Gosulutteng merupakan pemekaran dari L2Dikti Wilayah IX Sulawesi yang berkedudukan di Makassar, Sulawesi Selatan. Nantinya setelah pemekaran, L2Dikti Gosulutteng akan melayani 127 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI