Gorontalo Dinilai Sukses Menyelenggarakan Pelatihan Digital Leadership Academy 

Kepala Dinas Kominfotik Rifli Katili, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo RI, Hary Budiarto dan Plt. Kepala Pusat pendidikan dan Pelatihan Kemenkominfo, Basoh Saleh, saat menghadiri penutupan, Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA), Selasa, (27/6/2023). Foto – Ryan

Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) yang dilaksanakan di Provinsi Gorontalo, dinilai sukses oleh Plt. Kepala Pusat pendidikan dan Pelatihan Kemenkominfo, Basoh Saleh. Penilaian ini diberikan karena Provinsi Gorontalo berhasil menghasilkan enam rencana aksi dalam DLA tersebut, yang dilaksanakan sejak tanggal 22 Mei hingga 27 Juni 2023.

“Kami anggap Gorontalo berhasil karena menghasilkan enam rencana aksi. Atas nama penyelenggara kami sangat berterima kasih dan memberi apresiasi kepada pemprov khususnya BPSDM dan Dinas Kominfo untuk kerja samanya yang luar biasa sudah memfasilitasi kegiatan ini,” kata Basoh Saleh pada penutupan pelatihan Digital Leadership Academy, Selasa, (27/6/2023).

Enam rencana aksi yang dihasilkan terdiri dari Provinsi Gorontalo tentang registrasi sosial ekonomi dan penurunan kemiskinan. Kabupaten Gorontalo dengan penataan manajemen. Pemkot Gorontalo terkait digitalisasi administrasi pemerintahan yang berkaitan dengan proses pemutakhiran data terpadu untuk kesejahteraan sosial.

Kemudian Pemda Gorut dengan penyelenggaraan pengintegrasian data sektoral berbasis digital. Pemkab Bone Bolango tentang satu data penanggulangan kemiskinan. Terakhir, Pohuwato tentang peningkatan kelembagaan dan pengelolaan data berbasis digital.

“Pelatihan ini tidak berhenti sampai hari ini, karena sesungguhnya output yang dihasilkan hari ini baru rencana, dan kami berharap akan selesai nanti inplementasinya di Oktober tahun ini,” sahutnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo, Rifli Katili, atas nama Penjabat Gubernur menyampaikan terimakasihnya kepada Kementerian Kominfo RI khususnya Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, yang sudah memilih Provinsi Gorontalo menyelenggarakan pelatihan Digital Leadership Academy. Di mana awalnya pelatihan ini direncanakan akan digelar di Sulawesi Selatan, namun berkat kepercayaan dari Kemenkominfo kesempatan ini milik Provinsi Gorontalo.

“Kami juga berharap seperti keinginan pak Hary dan pak Basoh tadi, empat bulan kedepan rencana aksi dari pelatihan ini benar-benar ada keberlanjutan. Kerjasama ini juga diharapkan akan terus berlanjut. Kita harus bisa mewujudkan transformasi digital, sehingga satu data Indonesia bisa terwujud khususnya di Provinsi Gorontalo,”tandasnya.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI