Kirab Pemilu 2024 Diharapkan Jadi Sarana Integritas Bangsa

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat memberikan sambutan pada Seremoni Serah Terima Bendera Kirab Pemilu 2024 di Lapangan Taruna Remaja, Minggu (30/4/2023). (Foto : Alfred)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Pelaksanaan Kirab Pemilu tahun 2024 di Provinsi Gorontalo diharapkan dapat menjadi sarana integritas bangsa. Hal ini sejalan dengan tema deklarasi pemilu yang bertujuan untuk memberikan edukasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu mendatang.

“Untuk menciptakan pemilu tahun 2024 sebagai sarana integritas bangsa, dibutuhkan peran dari semua pihak. Oleh karena itu dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang aktif dan efektif seluruh stakeholder,” ungkap Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat memberikan sambutan pada Seremoni Serah Terima Bendera Kirab Pemilu 2024 di Lapangan Taruna Remaja, Minggu (30/4/2023).

Dalam hal ini, Penjagub Hamka mengajak seluruh masyarakat menyambut pemilu dengan gembira, karena ini merupakan pesta rakyat dan menentukan nasib bangsa kedepannya. Ia berharap partisipasi pemilu menigkat dan semua elemen bisa terlibat agar menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Staf ahli bidang Budaya Sportivitas Kemenpora ini juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkomitmen bersama untuk mendukung dan menjaga tahapan pemilu 2024. Serah terima bendera kirab pemilu 2024 diharapkan pula menjadi langkah awal yang baik untuk mewujudkan pemilu berkualitas.

“Mari kita menyambut dan melaksanakan pemilu dengan gembira karena ini adalah pesta untuk seluruh rakyat,” seru Hamka.

Sementara itu Walikota Gorontalo Marten Taha menyampaikan pemilu harus dipastikan berlangsung jujur dan adil, sebab keduanya menyangkut aspek penting pada proses dan hasil. Proses harus sejalan dengan mekanisme yang ada dan hasilnya harus sesuai dengan apa yang diperoleh dari proses.

“Bagi masyarakat kita pemilu adalah titik tolak atau starting poin daripada penyelenggaran berbagai aktivitas pemerintahan dan pembangunan. Jika pemilu sukses, maka Insya Allah pemerintahan dan pembangunan juga berjalan sukses,” tegas Marten.

Setelah 60 hari berkeliling di Provinsi Sulawesi Utara, Bendera Kirab Pemilu 2024 tiba di Provinsi Gorontalo dan diarak langsung melalui jalur darat oleh rombongan KPU Sulut. Bendera kirab diterima Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem didampingi Penjabat Gubernur Gorontalo dan jajaran kepala daerah se- Kabupaten/Kota.

Pada kesempatan yang sama, seluruh pemangku kepentingan yang hadir melakukan penandatanganan Deklarasi Pemilu. Dilepas Walikota Marten Taha, Kirab Bendera Pemilu 2024 selanjutnya akan diserahkan ke Provinsi Sulawesi Tengah melalui Kabupaten Buol.

Pewarta : Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI