Gelar Adat Tenggeyamo Tentukan 1 Ramadan 

Pelaksanaan adat tenggeyamo untuk penetapan awal ibadah puasa 1 Ramadan 1444 Hijriyah bertempat di rumah jabatan gubernur, Rabu malam, (22/3/2023). Foto – Fikry

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, menggelar adat tenggeyamo untuk penetapan awal ibadah puasa 1 Ramadan 1444 Hijriyah bertempat di rumah jabatan gubernur, Rabu malam, (22/3/2023). Kementerian Agama RI resmi menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023.

Adat tenggeyamo atau lebih dikenal dengan penetapan awal puasa adalah rangkaian yang wajib digelar setiap menyambut bulan suci Ramadan. Hal itu sebagai pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah, kepada umat muslim mengacu pada hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

“Sebelum hadirnya teknologi informasi, tokoh – tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah, duduk secara bersama, tujuannya mendengarkan pandangan dan saran tentang awal mula Ramadan menurut perhitungan pergerakan bulan. Jadi saya harapkan tenggeyamo ini akan terus ada sebagai salah satu warisan budaya kita,” ujar Penjagub Hamka Hendra Noer.

Tahun ini juga untuk pelaksanaan bulan suci Ramadan serentak oleh seluruh umat muslim. Tidak ada perbedaan pelaksanaan puasa antara NU maupun Muhammadiyah.

“Bulan Ramadan adalah kesempatan kita meningkatkan ketakwaan diri dan keimanan kepada Allah SWT. Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa 1444 hijriah, semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita,” tuturnya.

Usai pelaksanaan tenggeyamo, Penjagub Hamka bersama Ketua TP-PKK Provinsi Gorontalo dan sejumlah pimpinan OPD, melaksanakan salat isya dan taraweh berjamaah di masjid Agung Baiturahim Kota Gorontalo. Dalam kesempatan itu pula Hamka turut menyerahkan paket Ramadan kepada petugas masjid.

Pewarta : Echin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI