TP PKK Provinsi Gorontalo Sosialisasi Tengkes Lewat Lomba Komik

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa saat menyerahkan hadiah pemenang Lomba Komik Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2023 di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin (20/03/23). (Foto : Vivi)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Gorontalo sosialisasikan pentingnya mencegah tengkes melalui lomba komik. Kolaborasi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan cinta buku pada masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa mengatakan hasil karya pemenang dari lomba komik akan dibukukan lalu disebarluaskan ke seluruh kelurahan/desa utamanya pada posyandu.
Ia pun berharap kegiatan ini menjadi komitmen bersama untuk bergerak maju dalam sosialisasi tengkes.

“Selain meningkatkan literasi baca tulis masyarakat, kegiatan ini juga sebagai salah satu media sosialisasi dan edukasi gerakan hidup bersih dan sehat,” kata Gamaria saat memberikan sambutan pada Lomba Komik Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2023 di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin (20/03/23).

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Ridwan Hemeto dalam laporannya menjelaskan lomba komik telah dilaksanakan sejak awal Januari. Peserta yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 24 orang terdiri dari dua kategori diantaranya kategori umum 10 orang dan kategori SLTA 14 orang.

“Untuk Penilaian telah kami laksanakan sejak 7 Maret 2023. Juri pada kegiatan lomba komik ini berjumlah 6 orang yang diambil dari beberapa unsur yakni Duta Baca Indonesia, Bunda Literasi Provinsi Gorontalo, kartunis, pemerhati stunting, pakar bahasa Gorontalo/akademisi dan media cetak,” jelas Ridwan.

Adapun pemenang Lomba Komik Tahun 2023 untuk kategori SLTA diraih oleh Nur Fadhila Djafar utusan MAN Modrl Kota Gorontalo, terbaik 2 Noerja Fardhila Hadjarati utusan Madrasah Al-Islam Telaga Biru, dan terbaik 3 abdul kadir mano SMA N 2 limboto. Kategori umum terbaik 1 diraih oleh Abdurahman Danial, terbaik 2 Raihan Igirsa Lahidjun dan terbaik tiga Ade Yul Pascasari Katilo.

 

Pewarta : Vivi/Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI