Ketua TP-PKK Ajak Kader Aktif Sosialisasikan Pentingnya Imunisasi Bagi Anak

Foto bersama usai pembukaan seminar Awal Imunisasi Lengkap Anak Sehat kerja sama antara Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo dengan Dinas Kesehatan, IDAI Gorontalo dan BKKBN Gorontalo, di Aula Rudis Gubernur, Senin (29/8/2022). (Foto: Fadli)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Gamaria Purnamawati Monoarfa mengajak pengurus dan kader PKK di tingkat desa dan kelurahan untuk aktif mensosialisasikan pentingnya imunisasi bagi anak dilingkungan tempat tinggal masing-masing. Peran aktif Kader PKK diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk rutin membawa anak-anak mereka untuk diimunisasi.

“Dengan imunisasi kita akan melindungi buah hati kita dari berbagai macam penyakit, seperti difteri, polio, campak, tuberkulosis, sehingga anak bisa tumbuh sehat dan dapat tumbuh dengan maksimal,” ucap Gamaria pada Seminar Awal Imunisasi Lengkap Anak Sehat kerja sama antara Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo dengan Dinas Kesehatan, IDAI Gorontalo dan BKKBN Gorontalo, di Aula Rudis Gubernur, Senin (29/8/2022).

Gamaria menjelaskan, pemberian imunisasi pada balita bukan tanpa alasan karena balita memiliki kondisi imun tubuh yang belum kuat. Untuk terhindar dari berbagai penyakit tersebut maka perlu berikan imunisasi. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa imunisasi itu tidak penting. Anggapan ini sangat disayangkan karena bisa membuat anak rentan terkena penyakit dan pertumbuhannya menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu, anggapan tersebut harus dihilangkan dengan cara mensosialisasikan kepada orang tua tentang pentingnya dan manfaat imunisasi.

“Untuk itu saya memohon kepada para Kader PKK untuk tolong edukasi masyarakat di tempat masing masing agar ke depan kita tidak menemukan anak anak yang polio, yang kena difteri. Kita mau anak anak Gorontalo tumbuh sehat. Jadi saya sekali lagi saya minta tolong kepada para kader saya yang saya cintai untuk tolong edukasi masyarakat,” harap Gamaria.

Senada dengan Ketua TP-PKK, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang turut hadir dalam kesempatan itu juga ikut menghimbau seluruh pihak dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga ketingkat desa dan kelurahan untuk mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak kecil untuk senantiasa melakukan imunisasi. Sebab sejak dicanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada bulan Mei belum terjadi pergerakan yang signifikan.

“ini tantangan ibu ibu sekalian yang ada di Kabupaten kota. Dari aspek kultur masyarakat kita ini ibu ketua, pak Dokter memang harus tetap diedukasi karena ada pemahaman orang tua itu tanpa imunisasi juga anaknya sehat,” ucap Hamka.

Selain itu, Hamka juga mengajak para Pengurus PKK di seluruh Gorontalo agar tetap semangat dan jangan pernah lelah mengampanyekan program Imunisasi.

Seminar awal imunisasi lengkap turut dihadiri Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perikanan, serta Kader-kader Posyandu dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Boalemo dan Gorut.

 

Pewarta: Nova

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI