Boalemo Targetkan Nilai SAKIP Peroleh B

Gorontalo, Humas – Usai melaksanakan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kabupaten Gorontalo Utara, Tim Evaluator Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo kembali melaksanakan evaluasi SAKIP pada Pemerintah Kabupaten Boalemo, Rabu (28/8/2019).

Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf yang menerima kedatangan tim evaluasi berharap, nilai SAKIP Kabupaten Boalemo pada tahun 2017 mendapatkan nilai CC akan meningkat menjadi B pada evaluasi SAKIP 2018.

“Untuk peningkatan kualitas SAKIP ini, Pemerintah Kabupaten Boalemo telah berupaya memperbaiki kekurangan yang menyebabkan Kabupaten Boalemo mendapat nilai CC tahun 2017 lalu,” terang Anas.

Anas mengungkapkan, Pemkab Boalemo telah melakukan beberapa langkah perbaikan implementasi SAKIP, diantaranya yaitu mengintegrasikan aplikasi e-perencanaan dengan SIMDA Keuangan.

“Dengan aplikasi ini diharapkan dapat menjaga konsistensi antar dokumen perencanaan strategis, perencanaan tahunan dengan penganggaran,”imbuhnya.

Rivay Bumulo yang mewakili Inspektur dalam memimpin Tim Evaluator mengharapkan ada upaya peningkatan nilai SAKIP dari 2 kabupaten yang dievaluasi pekan ini, sesuai tindak lanjut dari Kementerian PAN dan RB, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Gorontalo Utara.

“Evaluasi implementasi SAKIP ditujukan untuk menilai akuntabilitas pencapaian hasil (outcome) atas penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi hasil (result oriented government).

Evaluasi dilakukan atas 5 komponen penilaian yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja,” kata Rivay Bumulo selaku Inspektur Pembantu Wilayah III.

Evaluasi SAKIP kali ini, selain Bupati Boalemo Anas Yusuf juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah yang didampingi 15 pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan dievaluasi.

Pewarta : ppid Inspektorat

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI