Kecap Baraja Gorontalo Raih Juara 2 Nasional PCTA

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) menerima dua siswa SMA Negeri 1 Telaga yang berhasil meraih juara kedua pada lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2018 Kementerian Pertahanan RI, di ruang kerja Wagub, Senin (24/9). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Kecap Baraja (batang dan rambut jagung) hasil inovasi dua siswa dari Provinsi Gorontalo berhasil meraih Juara Kedua Nasional pada lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Kedua siswa tersebut adalah Yayan Sahi dan Niva Isa, keduanya adalah siswa SMA Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengapresiasi keberhasilan dua siswa yang telah mengharumkan nama Provinsi Gorontalo di tingkat nasional dan mendorong agar kecap Baraja bisa diproduksi secara massal.

“Harus ada kelanjutan, jangan berhenti sampai pada kejuaraan itu saja. Kecap Baraja ini harus diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah,” kata Wagub Idris Rahim saat menyambut kedua siswa yang didampingi oleh Pejabat Perwakilan Kementerian Pertahanan Provinsi Gorontalo, Kolonel Inf. Paulus Herpomo Triwibowo dan guru pembina, Suartin Makrun, di ruang kerja Wagub di Gubernuran Gorontalo, Senin (24/9/2018).

Pada kesempatan itu Idris menantang kedua siswa tersebut untuk memproduksi kecap Baraja dalam jumlah besar. Bahkan saat itu juga Idris langsung mencatat berbagai peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi kecap Baraja, termasuk wadah untuk kemasan kecap.

“Saya tantang adik-adik memproduksi kecap ini dalam jumlah besar. Kita akan bantu peralatan dan bahan untuk memproduksi kecap Baraja. Nanti hasilnya akan kita promosikan dan pasarkan di gerai-gerai industri kecil dan menengah,” tutur Idris.

Kepada Wagub Idris Rahim, Yayan Sahi, siswa yang sejak bangku sekolah dasar tinggal di panti asuhan tersebut juga mengutarakan harapannya untuk mendapatkan perhatian dari Pemprov Gorontalo berupa beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Untuk beasiswa pendidikan akan kita upayakan sesuai program Pemprov Gorontalo untuk membantu para siswa berprestasi,” terang Wagub Idris Rahim menanggapi harapan kedua siswa tersebut.

Yayan Sahi (kanan) dan Niva Isa, siswa SMA Negeri 1 Telaga yang berhasil membuat inovasi kecap dari batang dan rambut jagung (Baraja), berfoto dengan trofi lomba PCTA 2018 dari Kementerian Pertahanan RI. (Foto : Haris – Humas)

Yayan Sahi, adalah siswa berprestasi yang pernah menjadi juara ketiga pada lomba pidato pentas Pendidikan Agama Islam tingkat nasional dan pembicara terbaik pada lomba debat Bahasa Indonesia tahun 2018. Sedangkan Niva Isa adalah anggota Forum Anak Nasional perwakilan Provinsi Gorontalo tahun 2016, serta Pelopor dan Pelapor Anak Indonesia tahun 2016.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI