Penanaman Pohon Warnai Hari Bhakti Adhyaksa di Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 tingkat Provinsi Gorontalo, Kamis (19/7/2018). Penanaman pohon di kampus 3 UNG Desa Moutong, Kecamatan Tilangkobila, Kabupaten Bone Bolango itu sebagai wujud dukungan Kejaksaan Tinggi dan Pemda untuk membantu penataan taman di kampus yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo itu. (Foto: Salman-Humas).

BONE BOLANGO, Humas – Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 tingkat Provinsi Gorontalo diperingati dengan penanaman pohon di kompleks kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang baru di Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (19/7/2018). Aksi tersebut sebagai wujud kepedulian jajaran Kejaksaan Gorontalo terhadap upaya pelestarian lingkungan di daerah.

Acara yang dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rektor UNG serta Bupati dan Walikota itu turut diramaikan dengan kehadiran ribuan mahasiswa dan masyarakat. Mereka ikut melakukan aksi tanam pohon dan pembuatan biopori sebagai sumber resapan air tanah di sekitar lokasi.

“Terima kasih kepada Rektor UNG yang telah memberikan kepercayaan kepada kejaksaan dan jajarannya untuk melaksanakan penghijauan dan biopori ini yang menjadi rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa ke 58. Seluruh kejaksaan akan melakukan penghijauan dengan semangat go green dalam setiap pembangunan,” terang Firdaus.

Pihak Kejaksaan dipercayakan untuk melakukan penghijauan di kampus 3 UNG sebagai bagian dari rencana penataan kawasan hijau di kampus yang hampir selesai dibangun itu. Pelibatan Kejaksaan dan Pemda diharapkan dapat meringankan beban pembiayaan kampus.

“Pembangunan landscape kampus UNG ini cukup lumayan (pembiayaannya), tetapi dengan pepatah melayu berat sama dipikul ringan sama dijinjing insyaallah pembangunan dapat kita laksanakan bersama. Pemerintah pusat bisa melihat bahwa di Provinsi Gorontalo sinergitas dalam membangun negeri berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tujuh kiri) dan Kajati Gorontalo Firdaus Dewilmar (enam kiri) foto bersama dengan para Bupati, Walikota dan jajaran UNG usai melakukan aksi penanaman pohon, Kamis (19/7/2018). (Foto: Salman-Humas).

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ikut mendukung upaya pembangunan dan penataan kampus UNG. Rusli berjanji akan membantu penerangan di sekitar area kampus agar jalan yang menghubungkan 13 bangunan menjadi terang.

“Tadi pak Rektor sampaikan pembangunan taman ini mahal pak Gubernur. Pak Kajati bilang nggak mahal kalo kita bagi (ambil bagian). Jadi kabupaten ambil bagian sendiri, kota ambil bagian sendiri. Saya mengambil bagian untuk penerangan dan insyaallah kita anggarkan di APBD Perubahan,” ujar Rusli.

Kampus 3 UNG merupakan bangunan pengembangan dari kampus yang ada. Rencananya bangunan tersebut akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke Gorontalo akhir Desember nanti.

Kampus yang akan diisi oleh lima fakultas itu juga diharapkan dapat mendorong perputaran ekonomi di Kabupaten Bone Bolango. Pembangunan kos-kosan, pertokoan dan rumah makan akan menjadi bisnis baru yang menjanjikan di kawasan tersebut.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI