Pemprov Gorontalo Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-35

 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (depan) saat memimpin Apel Korpri yang diitegrasikan dengan peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-35 tingkat provinsi yang digelar di halaman Rumah Jabatan Gubernur, Senin (19/3). (Foto: Isam-Humas).

Pemerintah Provinsi Gorontalo memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-35 dengan melaksanakan apel bertempat di rumah jabatan gubernur, Senin (19/3). Acara yang dintegrasikan dengan Apel Korpri tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Gubernur yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungapkan, bahwa keselarasan antara ekonomi dan lingkungan dapat dilakukan dan terus berlangsung hingga sekarang. Pemerintah terus mendorong bahwa lingkungan dan sumber daya alam dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

“Manusia tidak hanya mengambil tapi harus memberi. Ketika mengambil air dari alam, maka kelestarian hutan dan mata air harus tetap terjaga. Panorama indah dan kesegaran udara untuk wisata alam harus tetap terjaga keasliannya,” kata Rusli.

Kementrian LHK sudah mencanangkan benchmark pembangunan tahun 2018-2019 yakni mengatasi kemiskinan, membuka kesempatan kerja, peningkatan ekspor dan investasi.

Suasana Apel Korpri yang diintegrasikan dengan peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-35 tingkat provinsi yang digelar di halaman Rumah Jabatan Gubernur, Senin (19/3). Nampak para Rimbawan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo. (Foto: Isam-Humas).

Untuk meralisasikannya, ada enam langkah stategis yang harus dilakukan hingga ke daerah meliputi pengendalian deforestasi dan degradasi hutan, konservasi dan pemeliharaan bio-divesity dan biosfer, peningkatan produksi dan produktivitas hutan dan jasa lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja.

Ada pula upaya pengendalian kejahatan lingkungan, kemitraan dan keterlibatan mutistakholders dalam rantai usaha sumber daya hutan dan sumber daya sampah/limbah dan dalam pengawasan sosial perizinan dan pengendalian lingkungan, serta mendorong law enforcement dan public campaign.

“Kepada para Rimbawan, anda adalah pejuang bangsa. Keberanian dan dedikasi menjaga lingkungan dan hutan kita sungguh bermakna demi masa depan manusia dan seluruh bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Tak lupa juga Gubernur dua periode itu menyampaikan selamat Hari Bakti kepada Rimbawan dan Rimbawati seluruh Indonesia terkhusus di Gorontalo.Ia meminta agar terus bekerja dan berkarya sebab tantangan menjaga lingkungan dan hutan ke depan akan semakin berat. Pewarta/Editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI