14 Unit IPAH di Desa Polohungo Ditinjau Forum DAS Gorontalo

Peninjauan Instalasi Penampungn Air Hujan (IPAH) yang ada di Desa Polohungo, Kecamatan Limboto yang ditinjau langsung oleh Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Gorontalo, Jumat (27/10/2023). (Foto : Fadhly)

Kab. Gorontalo, Kominfotik – Pemasangan 14 unit Instalasi Penampungn Air Hujan (IPAH) dan Sumur Resapan Air (SRA) yang ada di Desa Polohungo, Kecamatan Limboto ditinjau langsung oleh Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Gorontalo, Jumat (27/10/2023). Pemasangan bantuan yang didistribusikan oleh BPDASHL Bone Bolango ini bekerja sama dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo melalui program Kuliah Kerja Dakwah (KKD).

Anggota Forum DAS Provinsi Gorontalo Lukman Mustaqi saat diwawancarai mengungkapkan, penampungan air hujan dapat digunakan untuk keperluan toilet, taman, mencuci baju, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Paling penting, penampungan air hujan juga mengantisipasi erosi tinggi dan memberikan cadangan air tanah yang banyak untuk tanaman.

“Semua berlokaborasi dalam penyelamatan Daerah Aliran Sungai khususnya DAS Bionga yang pada umumnya semua muaranya ke danau. Saat ini sudah 13 unit yang selesai dan satu unit lagi tinggal finishing pemasangan instalasi. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” jelas Lukman.

Dijelaskan Lukman cara kerja IPAH yaitu air hujan yang mengalir dari atap rumah akan menuju saluran pemipaan tangki penampungan. IPAH juga dilengkapi alat pemisah air hujan yang mencegah kotoran dari atap untuk masuk ke dalam tangki.

“Untuk IPAH tahun ini yang kebagian baru di Desa Polohungo. Kedepannya kami akan lihat lagi karena kita mengacu pada RWHL untuk kegiatan ini apalagi dalam hal penyelamatan Danau Limboto,”ungkap Lukman.

Pemasangan IPAH dan SRA tahun ini baru didistribusikan di Desa Polohungo. Kedepannya, Forum DAS bersama BPDASHL Bone Bolango akan meninjau lagi daerah yang membutuhkan bantuan ini dengan mengacu pada RWHL terutama penyelamtan Danau Limboto.

Pewarta : Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI