Kelayakan Angkutan Sewa Pemprov akan Dicek Penjagub Ismail

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya saat memimpin
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya saat memimpin rapat konsolidasi bersama Dinas Perhubungan serta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, Selasa (5/9/2023). (Foto : Fikri)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya akan mengecek angkutan sewa yang operasionalkan untuk layanan bus sekolah, wisata, BRT dan layanan perintis. Pengecekan angkutan yang dibiayai pemprov ini diungkapkannya saat menggelar rapat konsolidasi bersama Dinas Perhubungan serta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, Selasa (5/9/2023).

“Nanti tolong jadwalkan, saya mau coba mobil yang disewa itu pak kadis. Kita sewa kenderaan itu milih yang bagus, kalau tidak mending kita beli sendiri,” ungkap Ismail.

Mendengar isu yang beredar di masyarakat, bahwasannya angkutan sewa tersebut kurang layak. Menurut Ismail, angkutan sewa sendiri tidak dijadikan aset karena pemeliharaannya yang sulit. Untuk itu, ia minta kelayakan angkutan sewa harus bagus.

“Nanti ingatkan perusahaannya, jangan sampai hanya pada saat penandatanganan kontrak dibikin bagus tapi setelahnya dibiarkan begitu saja,” ujar Ismail.

Terkait angkutan oleh pemprov ini dibagi atas dua kategori yakni disewakan melalui e katalog dan layanan angkutan perintis khusus daerah terpencil. Berdasarkan E Katalog Provinsi Gorontalo, dari 24 etalase produk, terdapat delapan yang sudah bertransaksi salah satunya sewa kenderaan sebesar Rp594,8 juta.

Dua lintasan aglomerasi BRT diantaranya terdapat koridor 1 Suwawa – Kota Gorontalo via City Mall dan Pasar Sentral. Koridor 1.2 Suwawa – Kota Gorontalo via Rumah Sakit Aloei Saboe. Kemudian dua lintasan menunjang Obyek Wisata Unggulan dimulai yakni Gorontalo – Pentadio – Lombongo dan Gorontalo – Botubarani – Botutonuo.

Berikut ada lima lintasan perintis terdiri dari Gorontalo – Pangea, Gorontalo-Poduwoma, Gorontalo – Mongiilo, Gorontalo-Dulamayo dan Gorontalo-Botupinge/Poligon-Bondawuna.

Terakhir layanan bus siswa gratis terdapat di SMA Negeri 1 Biluhu Kabupten Gorontalo, SMA Negeri 1 Kabupaten Bone Bolango, SMAN 4 Gorontalo Utara, SMK Negeri 1 Taluditi dan SMK Negeri 1 Wanggarasi.

Pewarta : Mila

Editor : Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI