Kontingen Gorontalo Raih Prestasi Pada Madrasah Fest 2023

Abdurrahman Mukhlis (kiri), siswa MAN IC Gorontalo yang berhasil meraih Juara Kedua cabang lomba hafalan hadis pada Madrasah Fest 2023 di Provinsi Banten. (Foto : Yaser)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Kontingen Provinsi Gorontalo berhasil mengukir prestasi pada Madrasah Fest 2023. Dua siswa madrasah Gorontalo menjadi pemenang yang diumumkan pada malam puncak Madrasah Fest 2023 di Hotel Atria Gading Serpong, Provinsi Banten, Sabtu (12/8/2023).

Pada cabang lomba Memorizing Hadith atau Hafalan Hadis, siswa MAN Insan Cendekia Kabupaten Bone Bolango, atas nama Abdurrahman Mukhlis, meraih Juara Kedua pada kategori putra. Prestasi berikutnya dipersembahkan oleh siswa MTs Negeri 1 Kota Gorontalo, atas nama Humairah Hasan. Siswi yang termasuk dalam program Binaan Khusus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Gorontalo ini berhasil meraih Juara Ketiga pada cabang lomba Reciting Holy Qur’an atau Tilawah Al-Qur’an

“Alhamdulillah, binaan LPTQ sudah bisa menunjukkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus melakukan pembinaan ke depan,” ungkap Ketua Umum LPTQ Gorontalo, Budiyanto Sidiki.

Sementara itu Ketua 1 LPTQ Gorontalo, Yaser Arafat Dama menambahkan, pada Madrasah Fest 2023 Provinsi Gorontalo mengirimkan 18 peserta yang terdiri dari siswa Madrasah Ibtidaiah, Tsanawiah, dan Aliah. Kedua siswa yang berhasil meraih prestasi tersebut masing-masing dilatih oleh guru yang juga sekaligus sebagai pengurus dan tim pelatih pada LPTQ Gorontalo.

“Cabang hafalan hadis dilatih oleh ibu Rahmasari dan tilawah pelatihnya Bapak Yudin Muhamad. Keduanya sebagai pengurus LPTQ dan juga pelatih pada STQH dan MTQ Provinsi Gorontalo,” tutur Yaser.

Madrasah Fest merupakan olimpiade tingkat madrasah se-Indonesia dalam bidang Al-Qur’an, hadis, kitab klasik, dan seni keislaman. Cabang olahraga yang dilombakan pada Madrasah Fest di antaranya Memorizing Holy Qur’an atau hafalan Al-Qur’an, Reciting Holy Qur’an atau tilawah Al-Qur’an, serta Memorizing Hadith atau hafalan hadis.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI