Program Goes To School oleh PKK Gorontalo Mulai Dijalankan

TP-PKK Provinsi Gorontalo saat mulai menjalankan program Goes To School perdana di SMA Negeri 7 Gorontalo, Jum’at (4/08/2023).

Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo secara perdana mulai menjalankan program Goes To School di SMA Negeri 4 Gorontalo dan SMA Negeri 7 Gorontalo, Jum’at (4/08/2023). Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga bulan dengan 12 kali pertemuan.

Ketua TP PKK Provinsi Fima Agustina menyebut, selama 12 kali pertemuan itu, metode yang mereka gunakan berbasis Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), yakni pendekatan dalam pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan siswa.

“Karena ini bukan seperti di kelas, kalau habis waktu adik-adik langsung keluar. Tapi, metode yang kita berikan adalah adik-adik secara aktif, sehingga keaktifan adik adik itu sangat diperlukan. Lebih banyak bertanya, nanti gurunya akan memberi tahu,” kata Fima.

Lebih lanjut, Istri Penjabat Gubernur Gorontalo itu mengungkapkan materi yang akan diberikan kepada peserta didik berisi 70 persen berkaitan dengan nilai-nilai agama. Terlebih bagi Muslim, nilai-nilai Al-Qur’an secara rutin akan diberikan.

Menurutnya, Al-Qur’an merupakan pedoman bagi setiap manusia, oleh karenanya, Fima mengimbau kepada para peserta didik untuk hidup sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Pada implementasinya, para peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 peserta. Mereka akan belajar selama satu jam yang dibimbing oleh para narasumber. Para narasumber ini diminta Fima untuk menganggap dirinya sebagai Ibu dan Bapak dari peserta didik, sehingga peserta didik seolah berbicara dengan kedua orang tua mereka.

“Guru tamu kita sebut sebagai bapaknya dan Ibunya anak-anak selama 12 pertemuan. Jadi, kita seperti berhadapan dengan anak-anak kita sendiri, bagaimana kita memberikan bimbingan di rumah dengan penuh cinta dan kasih,” pungkasnya.

Turut mendampingi PKK Gorontalo, hadir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, Dinas Kesehatan, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo (P3A), Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) serta LPTQ Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Sheila

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI