Pentingnya Peran Walidata dalam Membangun Metadata dan Standar Data

Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo Debby I.M Habibie saat menutup kegiatan Membangun Metadata Statistik Sektoral, di Aula Villa Kencana, Kabupaten Boalemo, Jumat (21/7/2023).

Kabupaten Boalemo, Kominfotik – Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo Debby I.M Habibie menekankan pentingnya peran walidata dalam membangun metadata dan standar data. Hal ini disampaikannya saat menutup kegiatan Membangun Metadata Statistik Sektoral, di Aula Villa Kencana, Kabupaten Boalemo, Jumat (21/7/2023).

“Dengan meluncurkan daftar data prioritas ini, walidata semakin meneguhkan posisinya sebagai mitra tepercaya bagi organisasi dan bisnis yang ingin meningkatkan kinerja dan efisiensi mereka melalui analisis data yang cerdas dan berbasis bukti,” jelas Debby.

Dari data 1.139 indikator melahirkan 502 indikator sebagai daftar data prioritas sementara. Jumlah ini akan menjadi bahan persiapan dalam kegiatan forum data nanti.

Statisi Ahli Muda Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo Muhammad Syaiful, sebagai narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan, bahwa hasil kegiatan ini menekankan pada sampel metadata indikator dari tiap organisasi perangkat daerah. Termasuk walidata pendukung menyusun daftar data sebagai langkah awal sebagai data prioritas.

“Metadata statistik adalah fondasi yang kuat dalam proses pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data statistik. Membangun metadata yang baik, kita dapat memastikan data statistik yang dihasilkan akurat, komprehensif, dan terpercaya,” ungkap Syaiful.

Kegiatan membangun metadata statistik ini bertujuan untuk memperkuat landasan data statistik, sehingga informasi yang dihasilkan dapat diandalkan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis dan perencanaan pembangunan. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen pemerintah provinsi untuk memajukan sistem statistik yang lebih modern dan transparan.

Pewarta : Mila/Herman

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI