Deprov Dukung Aspiring Geopark Gorontalo

Foto bersama Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris RA. Jusuf, dengan Sekjen GGN, Mr. Guy Martini dan tim Bappenas RI dengan mahasiswa dan sejumlah warga di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (8/7/2023). (Foto : Haris)

Kab. Gorontalo, Kominfotik – DPRD Provinsi Gorontalo mendukung geopark atau taman bumi Gorontalo untuk ditetapkan menjadi geopark nasional bahkan internasional. Hal itu ditegaskan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris RA. Jusuf, pada kunjungan Sekretaris Jenderal Global Geopark Network (GGN), Mr. Guy Martini, bersama tim Bappenas RI di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (8/7/2023).

“Sebagai lembaga, saya mendukung penuh geopark ini sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD. Saya harus meyakinkan seluruh anggota DPRD agar mereka mengerti tentang pentingnya geopark ini, sehingga anggaran baik yang harus didanai oleh APBD maupun yang nanti kita sinergikan ke kementerian akan diperjuangkan oleh DPRD Provinsi Gorontalo,” kata Paris.

Lebih lanjut Paris bersyukur asistensi terhadap lokasi-lokasi yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menjadi geopark nasional di bawah pengawasan UNESCO dikunjungi langsung oleh Sekjen GGN dan tim Bappenas RI. Menurutnya kedatangan tim tersebut merupakan peluang besar geopark Gorontalo menjadi geopark nasional.

”Kami siap menerima arahan dan petunjuk dari Sekjen GGN dan tim Bappenas apa yang harus dilakukan untuk menjadikan geopark Gorontalo menjadi geopark nasional. Yang kami harapkan adalah percepatan dari semua hasil kunjungan ini, karena kami sadar geopark ini akan memberikan dampak luar biasa untuk pertumbuhan ekonomi, serta peningkatan pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Paris.

Pada hari kedua kegiatan asistensi, Sekjen GGN bersama tim Bappenas berkunjung ke geosite Botubarani dan destinasi wisata hiu paus di Kabupaten Bone Bolango. Selanjutnya tim bergerak ke geosite Pantai Dulanga di Desa Bongo dan geosite Desa Biluhu Timur, keduanya di Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Kunjungan hari kedua berakhir dengan eksplorasi Kota Tua di wilayah Kota Gorontalo.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI