Penjabat Sekdaprov Gorontalo Hadiri Doa Bersama Lintas Agama

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki saat menghadiri Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara, bertempat di Aula Titinepo, Polda Gorontalo, Jumat (13/6/2023). Foto – Mila

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki menghadiri Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara, bertempat di Aula Titinepo, Polda Gorontalo, Jumat (13/6/2023). Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Bhayangakara Mabes Polri dan ikuti jajaran polda seluruh Indonesia melalui siaran langsung.

Karo Watpers SSDM Polri, Brigjen Pol Anwar selaku ketua panitia melaporkan beberapa kegiatan telah dilaksanakan secara serentak sejak tanggal 13 Juni-27 Juni 2023 dalam mengisi peringatan HUT ke-77 Bhayangkara ini. Diantaranya lomba bidang keagaaman seperti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), vocal group dan solo lagu Rohani, drama dalam pembacaan kitab suci, dan lomba membaca Sloka serta revitalisasi 77 situs agama dan budaya.

“Adapun kegiatan revitalisasi yang dimaksud agar situs budaya dapat dijaga dan dirawat supaya tidak mengalami penurunan kualitas baik fisik maupun nilai pentingnya sebagai benda pusaka. Selait itu agar situs budaya agama yang diakses masyarakat juga dapat ditingkatkan secara optimal,” jelas Anwar.

Satu persatu para tokoh agama melantunkan doa sesuai keimanan masing–masing dengan khusyuk. Dimulai dari pimpinan agama Konghucu, pimpinan agama Budha, pimpinan agama Hindu, disusul pimpinan agama Katolik lalu Kristen Protestan dan diakhiri oleh pimpinan agama Islam.

Rangkaian kegiatan lainnya yakni penyerahan penghargaan bagi pemenang lomba keagamaan oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama istri Juliati Sapta Dewi Magdalena. Diserahkan pula secara simbolis bantuan 77 buah gerobak dan tenda kepada pelaku UMKM.

Doa Bersama Lintas Agama kemudian diakhiri dengan dialog interaktif oleh Kapolri Sigit dan Panglima Tentara Nasional Indonesia Yudo Margono dengan beberapa perwakilan Polda. Mereka menanyakan terkait revitalisasi situs budaya atau agama yang dilakukan di masing-masing daerah.

“Ini program awal yang sangat bagus diteruskan, agar diketahui generasi penerus dimana situs budaya ini pasti memiliki nilai sejarah dan makna yang sangat bagus. Oleh karenanya hal ini perlu kita jaga,” ungkap Yudo Margono.

Pada lomba bidang keagamaan (MTQ) ketegori perwira, Polda Gorontalo meraih juara harapan dua atau peringkat kelima. Juara diraih oleh Iptu Nasir Dama Kasiwas Polres Bone Bolango.

Pewarta : Mila

Editor: Isam

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI