Nilai SAKIP Lima OPD Pemprov Gorontalo Peroleh Predikat A 

Suasana rapat Evaluasi SAKIP Perangkat Daerah dan Reformasi Birokrasi dipimpin Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya, bertempat di Aula Rujab Gubernur, Kota Gorontalo, Senin (26/6/2023). Foto – Mila

Sebanyak lima Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Gorontalo memperoleh predikat A pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Hal tersebut diumumkan Kepala Biro Organisasi Sri Wahyuni Daeng Matona pada Evaluasi SAKIP Perangkat Daerah dan Reformasi Birokrasi bertempat di Aula Rujab Gubernur, Kota Gorontalo, Senin (26/6/2023).

Lima OPD ini diantaranya Dinas Perhubungan dengan nilai 82,38, PM, ESDM dan Transmigrasi 81,01, dan Badan Diklat 80,81. Selanjutnya ada Dinas Kelautan dan Perikanan dengan nilai 80,35 serta BAPPPEDA 80,66.

“Ini karena komitmen pimpinan yang selalu mendampingi pada penilaian SAKIP maupun RB. Seperti Dinas Perhubugan itu sudah memiliki sistem perhitungan kinerja dan pengumpulan data,” kata Wahyuni.

Wahyuni juga menyampaikan rekomendasi oleh Menpan RB diantaranya perlu adanya indikator identifikasi terhadap indikator kinerja proaktif. Diharapkan setiap OPD melakukan penguatan implementasi terkait peningkatan kualitas ukuran kinerja evaluasi dan pemanfaatan rencana aksi.

“Kita juga perlu kembali mengaktifkan evaluasi akuntabilitas kinerja pada perangkat daerah. Kita dorong evaluasinya dilakukan minimal per triwulan,” jelas Wahyuni.

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya menegaskan agar penilaian SAKIP maupun RB ini menjadi perhatian setiap pimpinan OPD. Untuk pencapaian setiap indikatornya tiap OPD diminta untuk bertanggung jawab atas setiap sasaran programnya.

Selain itu, Ismail juga meminta agar Tata Usaha (TU) di tiap OPD harus memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menyusun laporan. Hal ini dimaksudkan agar laporan yang disusun di tiap OPD dapat tersampaikan dengan baik.

“Satu kompetensi yang harus dimiliki seorang TU itu adalah harus mampu menyusun laporan, kalau tidak kuat menyusun laporan tidak usah jadi TU,” ujar Ismail.

Diketahui nilai SAKIP Provinsi Gorontalo lima tahun terakhir berada pada predikat B dengan nilai akhir 68,27 pada tahun 2022 dan indeks reformasi berada pada angka 69,21. Sementara itu 26 OPD lainnya berada pada predikat BB.

Pewarta : Sella

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI