Ketua Deskranasda Gorontalo Minta Patenkan Hak Cipta Kain Karawo

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, Fima Agustina, didampingi Kepala Dinas Pariwisata, juga Istri Penjabat Sekdaprov Gorontalo, saat menghadiri Workshop Indikasi Geografis Sulaman Karawo Gorontalo, Rabu (31/5/2023), bertempat di Manna Café Kota Gorontalo. (Foto – PKK)

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, Fima Agustina, meminta kepada jajaran pemerintah daerah untuk segera mematenkan hak cipta kerajinan khas Gorontalo, kain Karawo. Menurutnya, pematenan hak cipta ini merupakan salah satu bentuk penyelamatan kebudayaan Gorontalo, yang sekaligus menjadi identitas daerah sendiri.

“Penting bagi kita masyarakat utamanya pemerintah Gorontalo, untuk menjadikan karawo ini berbadan hukum, sehingga tidak gampang diklaim oleh daerah lain. Contohnya seperti ada beberapa kerajinan – kerajinan Indonesia yang kemudian diklaim oleh negara – negara tetangga, karena tidak memiliki perlindungan hukum,” ujar Fima saat membuka Workshop Indikasi Geografis Sulaman Karawo Gorontalo, Rabu (31/5/2023), bertempat di Manna Café Kota Gorontalo.

Berprofesi sebagai seorang notaris, istri Penjagub Gorontalo ini tentu sangat memahami tentang pendaftaran hak cipta paten atau merek terhadap sebuah kreativitas. Semua pendaftaran ini harus melalui Kementerian Hukum dan HAM. Ia sangat berharap Dekranasda bersama sama pemerintah daerah, meminta bantuan Kemenkum HAM untuk memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat, bagaimana membuat hak paten dan hak cipta lainnya.

“Saya bersama teman – teman notaris tentu siap membantu masyarakat dalam hukum perdataan yang akan menjamin hak – hak para ibu – ibu pengrajin, baik per orangan ataupun lembaga, agar masyarakat Gorontalo melek hukum,” tandasnya.

Workshop Indikasi Geografis Sulaman Karawo yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo itu turut menghadirkan pengrajin karawo, pengurus Deskranasda Provinsi Gorontalo dan perwakilan Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Sella

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI